EFEKTIVITAS KOMBINASI MASASE FRIRAGE DAN TERAPI PANAS UNTUK MENURUNKAN NYERI DAN MENINGKATKAN RANGE OF MOTION PERGELANGAN KAKI PASCA CEDERA ANKLE

Kurniawan, Arif (2021) EFEKTIVITAS KOMBINASI MASASE FRIRAGE DAN TERAPI PANAS UNTUK MENURUNKAN NYERI DAN MENINGKATKAN RANGE OF MOTION PERGELANGAN KAKI PASCA CEDERA ANKLE. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_arif kurniawan_17603144029.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Cedera ankle sering terjadi pada masyarakat dan olahragawan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengkaji efektivitas kombinasi masase frirage dan terapi panas untuk menurunkan nyeri dan meningkatkan range of motion pergelangan kaki pasca cedera ankle. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-experimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang mengalami cedera ankle kronis yang datang ke Bengkel Therapy Massage Cedera Olahraga Pak Eko “Mafaza”. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang dihitung dengan rumus Slovin didapatkan sebanyak 20 sampel. Subjek mendapat perlakuan masase frirage yang dilakukan selama 20 menit, dilanjutkan dengan terapi panas selama 10 menit. Instrumen yang digunakan untuk mengukur skala nyeri menggunakan Visual Analogue Scale (VAS) dan ruang gerak sendi atau Range of Motion (ROM) menggunakan goneometri. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, uji hipotesis menggunakan paired sample t-test untuk menguji data yang terdistribusi normal sedangkan wilcoxon signed rank untuk menguji data yang tidak terdistribusi normal dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi masase frirage dan terapi panas dapat menurunkan skala nyeri secara signifikan (p < 0,05) dengan efektifitas 51,87% dan meningkatkan Range of Motion (ROM) pada ankle secara signifikan (p < 0,05) dengan efektifitas sebesar 52,2%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kombinasi masase frirage dan terapi panas efektif dalam penurunan skala nyeri dan peningkatan Range of Motion (ROM) pasca cedera ankle.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: dr. Prijo Sudibjo, M.Kes., Sp.S.
Uncontrolled Keywords: masase frirage, terapi panas, nyeri, range of motion, cedera ankle
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Sep 2021 07:25
Last Modified: 06 Dec 2021 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71005

Actions (login required)

View Item View Item