UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PANGGANG III

Yulianto, Dwi (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PANGGANG III. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dwi yulianto_17604221066.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah permainan bola voli menggunakan bola plastik pada siswa kelas V SD N Panggang III Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini bertempat di SD N Panggang III Gunungkidul, Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Panggang III. Instrumen dalam penelitian ini dengan mendata nilai aspek psikomotor peserta didik dalam pembelajaran berlangsung, dan hasil unjuk kerja peserta didik dalam melakukan passing bawah bola voli dengan bola plastik. Berdasarkan hasil observasi, pembahasan dan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran passing bawah menggunakan bola plastik pada siswa kelas V SD N Panggang III selama dua siklus dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian yang bahwa ketuntasan hasil belajar berdasarkan KKM, pada siklus I siswa yang tuntas mencapai 50% dan nilai rata- rata 67,60,kemudian meningkat padatindakan siklus II, siswa yang tuntas mencapai 87,5% dengan nilai rata – rata kelas mencapai 82,38.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sujarwo, S.Pd.Jas., M.Or.
Uncontrolled Keywords: bola voli, passing bawah, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Sep 2021 07:08
Last Modified: 10 Sep 2021 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71003

Actions (login required)

View Item View Item