EFEKTIVITAS TERAPI MANIPULATIF DALAM MENURUNKAN SKALA NYERI DAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK SENDI PENDERITA CEDERA BAHU DI KLINIK TERAPI FISIK DAN MANIPULATIF HSC UNY

Saraswati, Anggun (2021) EFEKTIVITAS TERAPI MANIPULATIF DALAM MENURUNKAN SKALA NYERI DAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK SENDI PENDERITA CEDERA BAHU DI KLINIK TERAPI FISIK DAN MANIPULATIF HSC UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_anggun saraswati_15603141017.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Cedera bahu adalah kasus terbanyak (23,07%) yang terjadi di Klinik Terapi Fisik dan Manipulatif HSC UNY. Aktivitas yang padat dalam keadaan statis, atau mobilisasi sendi bahu yang berulang-ulang sering dilakukan, dapat juga berupa seringnya membawa beban yang berat pada bahu dapat memicu cedera bahu sehingga timbul rasa nyeri dan terbatasnya kemampuan bergerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas terapi manipulatif dalam menurunkan skala nyeri dan meningkatkan kemampuan gerak sendi bahu pada penderita cedera bahu. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien cedera bahu di Klinik Terapi Fisik dan Manipulatif HSC UNY. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Diperoleh sampel sebanyak 23 subjek penelitian. Data yang dikumpulkan adalah skala nyeri sendi bahu yang diukur menggunakan NRS dan kemampuan gerak sendi bahu yang diukur menggunakan goniometer dengan satuan derajat. Pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, sebelum dan sesudah dilakukan treatment. Treatment terapi manipulatif yang digunakan adalah massage (effleurage, friction, petrissage, dan tapotement), stretching dan mobilisasi pada otot-otot bahu dan sekitarnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terapi manipulatif efektif menurunkan skala nyeri sendi bahu (α = 0,000) secara signifikan dengan efektivitas sebesar 65,61%, dan terapi manipulatif efektif meningkatkan kemampuan gerak fleksi sebesar 26,67%, ekstensi 34,52%, abduksi 25,03%, adduksi 13,30%, medial rotasi 33,16%, dan lateral rotasi 16,56% dengan angka signifikansi probabilitas keseluruhan gerak sendi α = 0,000.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: dr. Prijo Sudibjo, M.Kes., Sp.S.
Uncontrolled Keywords: terapi manipulatif, cedera bahu, nyeri
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Sep 2021 06:58
Last Modified: 10 Sep 2021 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71002

Actions (login required)

View Item View Item