PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI KALIMENUR KECAMATAN SENTOLO

Saputri, Yulinda Dwi (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI KALIMENUR KECAMATAN SENTOLO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Yulinda Dwi Saputri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta kendala yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring di SD Negeri Kalimenur Kecamatan Sentolo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah wali murid dan guru SD Negeri Kalimenur. Teknik pengumpulan data dilakukan memlalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data analisis menggunakan teori Miles dan Huberman dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring di SD Negeri Kalimenur yaitu: 1) orang tua berperan sebagai guru di rumah, 2) orang tua berperan sebagai fasilitator, 3) orang tua berperan sebagai motivator, 4) orang tua berperan sebagai pengaruh. Kendala yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring di SD Negeri Kalimenur meliputi: 1) kurangnya pengetahuan orang tua terhadap materi anak, 2) perekonomian orang tua, 3) pekerjaan orang tua, 4) ketersediaan waktu dalam mendampingi belajar, 5) kurangnya pengetahuan orang tua terhadap penggunaan teknologi. Kata kunci: peran orang tua, pembelajaran daring, SD Negeri Kalimenur

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Aug 2021 05:00
Last Modified: 18 Aug 2021 05:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70939

Actions (login required)

View Item View Item