EFEKTIVITAS ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PREMBUN, KEBUMEN

Rifqiyani Gunanti, Gunanti (2012) EFEKTIVITAS ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PREMBUN, KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PREMBUN, KEBUMEN Oleh Rifqiyani Gunanti NIM 05104244068 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas achievement motivation training untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa inggris pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Prembun, Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII yang berjumlah 40 siswa. Penentuan subyek menggunakan purposive sampling. Tempat penelitian di SMP Negeri 2 Prembun, Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan interview. Analisis data menggunakan Dependent Sample T- test. Hasil penelitian menunjukan bahwa achievement motivation training efektif untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa inggris pada siswa. Siswa yang diberi perlakuan berupa achievement motivation training memiliki motivasi belajar bahasa inggris yang lebih tinggi di bandingkan siswa yang tidak diberi perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis selisih (gain score)pre-test dan post-test yang menunjukan nilai rerata kelompok eksperimen sebesar 6,50 yang lebih tinggi dari kelompok kontrol sebesar -1,05 yang berarti bahwa motivasi belajar pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan motivasi belajar pada kelompok kontrol. Didukung juga bahwa antara dua kelompok tersebut menunjukan nilai perbedaan ( t )sebesar 4,839 dengan signifikansi sebesar 0,000 ( p < 0,05 ) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan peningkatan motivasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kata kunci: achievement motivation training, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 01 Nov 2012 00:54
Last Modified: 29 Jan 2019 17:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7092

Actions (login required)

View Item View Item