FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG SUBJECTIVE WELL-BEING PADA REMAJA DARI KELUARGA BROKEN HOME

Pratiwi, Putri Diah (2021) FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG SUBJECTIVE WELL-BEING PADA REMAJA DARI KELUARGA BROKEN HOME. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tugas Akhir Skripsi Putri Diah Pratiwi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dukungan sosial dari keluarga merupakan salah satu prediktor bagi remaja untuk mencapai subjective well-being, tetapi pada remaja dengan keluarga broken home sulit untuk mendapatkan dukungan sosial dari kedua orangtuanya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan memaparkan faktor-faktor pendukung subjective well-being pada remaja dari keluarga broken home. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Partisipan penelitian terdiri dari lima remaja dengan rentang usia 10-22 tahun dengan keluarga yang mengalami broken home dan mampu mencapai subjective well-being. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara yang kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, kategorisasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan member checking. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor pendukung subjective well-being pada remaja dengan keluarga broken home yaitu respon menghadapi masalah, pengalaman yang menyenangkan, kehidupan yang bermakna, keterlibatan diri dalam suatu aktivitas, harga diri positif, optimisme dan harapan, memandang suatu kejadian dari hikmahnya, hubungan positif dengan orang lain, pendidikan, uang atau pendapatan yang cukup, serta usia setelah masa kanak-kanak. Kata kunci: subjective well-being, remaja, broken home

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:10
Last Modified: 22 Jun 2021 04:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70806

Actions (login required)

View Item View Item