DINAMIKA PSIKOLOGIS MOTIVASI BERPRESTASI REMAJA DOWN SYNDROME

Ayu, Diah Novita (2021) DINAMIKA PSIKOLOGIS MOTIVASI BERPRESTASI REMAJA DOWN SYNDROME. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Diah Novita Ayu_PSIKOLOGI_16112141031.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih sedikitnya studi mengenai motivasi berprestasi remaja down syndrome. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana dinamika psikologis, yang meliputi bentuk, proses, penyebab, dan akibat motivasi berprestasi pada remaja down syndrome. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe studi kasus. Terdapat tiga remaja down syndrome berprestasi dengan karakteristik mampu latih yang diwawancarai secara semi terstruktur. Analisis data dari penelitian ini menggunakan metode analisis interaktif dari Miles dan Huberman untuk mengetahui dinamika psikologis motivasi berprestasi remaja down syndrome. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika psikologis yang terjadi pada ketiga subjek adalah sebagai berikut: 1) Bentuk motivasi berprestasi subjek BS yaitu memiliki motif pendekatan keberhasilan untuk sukses mendapatkan piala dan memenangkan perlombaan. Proses terbentuknya motivasi berprestasi diawali dengan pengalaman keberhasilan yang membuat BS semakin antusias mengikuti lomba. Sebab-sebab motivasi berprestasi yaitu pengalaman keberhasilan, tujuan untuk mendapatkan hadiah, efikasi diri yang tinggi, dukungan guru secara emosional, adanya karakteristik model yang ditiru, dan dukungan orang tua yang menyebabkan BS merasa mampu untuk dapat memenangkan setiap lomba. 2) Bentuk motivasi berprestasi subjek FS yaitu memiliki motif untuk sukses menjadi pintar dan memenangkan perlombaan. Proses motivasi berprestasi subjek FS diawali dengan adanya pengalaman keberhasilan yang membuat FS merasa percaya diri untuk dapat memenangkan perlombaan. Sebab-sebab pembentuk motivasi berprestasi yaitu pengalaman keberhasilan, kemandirian dalam berlatih, efikasi diri yang tinggi, rasa senang terhadap aktivitas yang dilakukan, dukungan guru secara emosional, dan dukungan orang tua yang mengakibatkan FS merasa dapat menang pada setiap perlombaan. 3) Bentuk motivasi berprestasi subjek BG yaitu ia memiliki motif pendekatan keberhasilan untuk sukses mendapatkan hadiah dan memenangkan lomba. Proses motivasi berprestasi subjek BG diawali degan pemberian hadiah dari guru dan pengalaman keberhasilan. Sebab-sebab motivasi berprestasi subjek BG yaitu kemandirian dalam berlatih, tujuan untuk mendapatkan hadiah, guru selalu memberikan hadiah, dan dukungan orang tua mengakibatkan BG merasa percaya diri mengikuti perlombaan selanjutnya. Keyword: dinamika psikologi, remaja, down syndrome, berprestasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 14 Jun 2021 07:36
Last Modified: 14 Jun 2021 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70745

Actions (login required)

View Item View Item