IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL DI KELOMPOK BERMAIN AMONG SIWI

Dita Noor Mala, Sari (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL DI KELOMPOK BERMAIN AMONG SIWI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Dita Noor Mala Sari_16111244008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran permainan tradisional di Kelompok Belajar Among Siwi, yang mengenalkan permainan tradisional kepada Anak Usia Dini melalui kegiatan pembelajaran di Sekolah. Permainan tradisional di Kelompok Belajar Among Siwi dikemas dalam bentuk kegiatan pembelajaran dan berlangsung setiap hari, dengan mengajarkan macam – macam permainan tradisional, tembang dolanan dan macam – macam mainan tradisional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskripsi dan analisis. Subyek dari penelitian ini adalah, kepala sekolah, guru kelas “Kitiran”, guru kelas “Othok-othok”, peserta didik kelompok “Kitiran” dan “Othok-othok” serta orang tua atau wali murid. Pengumpulan data diambil menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian yaitu : (1) Implementasi pembelajaran permainan tradisional di kelompok bermain Among Siwi, dikemas dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. (2) Faktor pendukung terselenggaranya pembelajaran permainan tradisional di Kelompok Belajar Among Siwi adalah letak dari Kelompok Belajar Among Siwi ini berada ditengah-tengah Kampung Dolanan Anak, dimana mayoritas dari masyarakatnya berprofesi sebagai pengrajin dolanan anak dan pengalaman dari guru yang merupakan anggota dari Komunitas Pelestari Dolanan Anak di Kampung Dolanan Anak tersebut. (3) Faktor utama yang menjadi penghambat dalam terselenggaranya pembelajaran permainan tradisional di Kelompok Belajar Among Siwi adalah perbedaan budaya dari anak dan orang tua. Hal tersebut menyebabkan anak terhambat untuk menerapkan unggah-ungguh atau Bahasa Jawa “Krama” di rumah sebagai hasil belajar di sekolah. Hambatan lain juga disebabkan karena adanya pandemi covid – 19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan di rumah secara daring/online. Kata kunci : Implementasi, pembelajaran permainan tradisional, Kelompok Bermain Among Siwi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2021 05:24
Last Modified: 11 Jun 2021 05:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70724

Actions (login required)

View Item View Item