PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK A TKIT BAITUSSALAM PRAMBANAN

Dian Oktavia, Abadi (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK A TKIT BAITUSSALAM PRAMBANAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi Fulltext_Dian Oktavia Abadi_13111244001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak Kelompok A TKIT Baitusalam Prambanan. Obyek penelitian ini yaitu kemampuan mengenal lambang bilangan (1-10) melalui permainan ular tangga. Kemampuan mengenal lambang bilangan sangat penting untuk mendukung jenjang pendidikan selanjutnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data adalah observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian yaitu anak mencapai nilai/kriteria berkembang sesuai harapan. Subyek penelitian adalah anak TK Kelompok A yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 11 laki-laki dan 4 perempuan di TKIT Baitussalam Prambanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan setelah pembelajaran menggunakan permainan ular tangga. Hasil observasi yang semula pada tahap Pra Tindakan menunjukkan persentase 49% dengan kriteria mulai berkembang, kemudian dilanjutkan siklus I meningkat menjadi 55% dengan kriteria berkembang sesuai harapan, dan diadakan siklus II meningkat lagi menjadi 79 % dengan kriteria berkembang sangat baik dari 15 anak. Hal tersebut menunjukkan, bahwa peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TKIT Baitussalam tahun ajaran 2019/2020 dapat dilakukan melalui permainan ular tangga. Langkah-langkahnya yaitu, (1) memberi penjelasan tentang permainan ular tangga, (2) memberikan contoh bermain di papan ular tangga, (3) membagikan dadu, (4) melakukan permainan dengan cara bergantian, (5) semua anak mendapatkan reward/berupa bintang. Kata Kunci: mengenal lambang bilangan, permainan ular tangga, TK Kelompok A

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2021 04:56
Last Modified: 11 Jun 2021 04:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70723

Actions (login required)

View Item View Item