MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM MENGGUNAKAN BAHAN ALAM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI SENGI 2 KECAMATAN DUKUN

Arinda, Isnaeni (2021) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM MENGGUNAKAN BAHAN ALAM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI SENGI 2 KECAMATAN DUKUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS_Arinda Isnaeni_PGPAUD_16111241049_-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam dengan bahan alam pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Sengi 2, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Sengi 2 yang masih membutuhkan banyak stimulasi yang diberikan khususnya pada keterampilan motorik halus pada anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kemms dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 15 anak, yang teridiri dari 10 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam dengan bahan alam. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus dapat ditingkatkan melalui kegiatan menganyam menggunakan bahan alam. Peningkatan keterampilan motorik halus dapat dilihat dari kondisi awal Pra Tindakan yang memperoleh hasil persentase 47% sehingga masuk pada kriteria mulai berkembang (MB). Pada Siklus I mengalami peningkatan menjadi 58% dan masuk dalam kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), namun dari tindakan pada Siklus I tersebut hasil yang telah dicapai belum sesuai target pencapaian yang telah ditetapkan oleh peneliti. Kemudian dilakukanlah tindakan pada Siklus II yang mencapai hasil persentase sebanyak 76% yang masuk dalam kriteria berkembang sangat baik (BSB) dan telah mencapai target yang telah ditetapkan oleh peneliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan menganyam menggunakan bahan alam dapat meningkatkan keteramilan motorik halus anak. adapun keberhasilan tersebut dilakuakan dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) pengenalan, (b) pengembanagan pemahaman, (c) praktik terbimbing, (d) praktik mandiri. Guru juga memberikan reward kepada anak yang semangat mengerjakan kegiatan dan untuk anak yang hasil karyanya 3 terbaik. Kata kunci: keterampilan motorik halus, menganyam dengan bahan alam

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2021 04:47
Last Modified: 11 Jun 2021 04:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70722

Actions (login required)

View Item View Item