IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB ANAK MELALUI KEGIATAN RUTIN KELOMPOK B DI TK AL IRSYAD 02 CILACAP

Annisa Nur, Rizqi (2021) IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB ANAK MELALUI KEGIATAN RUTIN KELOMPOK B DI TK AL IRSYAD 02 CILACAP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS-Annisa Nur Rizqi (16111244026) PGPAUD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan tentang implementasi tanggung jawab anak melalui kegiatan rutin pada kelompok B di TK Al Irsyad 02 Cilacap. TK Al irsyad 02 Cilacap merupakan sekolah yang dalam pembelajarannya mengajarkan tentang tanggung jawab anak pada kegiatan rutin yang dilakukan. Kegiatan rutin yang dilakukan sesuai dengan STPPA tanggung jawab usia 5-6 tahun. Implementasi tanggung jawab anak di TK Al Irsyad 02 Cilacap dengan metode pembelajaran sentra yang menggunakan tiga sistem pembelajaran, pembelajaran di sekolah, pembelajaran daring, dan home visit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah, kepala sekolah, 1 guru kelas, 6 orangtua, dan 15 anak-anak kelompok B Utara. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi tanggung jawab di TK Al Irsyad 02 Cilacap. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus hingga datanya jenuh. Aktivitas dalam analisis data yakni: pengumpulan data, kondesasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya, menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) perencanaan kegiatan pembelajran tentang tanggung jawab anak sudah sesuai dengan tahapan pembelajaran yang meliputi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; 2) faktor pendukung meliputi: a) kurikulum 2013 yang di modif dengan pembelajaran secara islami, b) tenaga pendidik yang mengajar secara kreatif agar anak tidak bosan selama pembelajaran daring, c) orangtua siswa yang sangat mendukung dengan kegiatan implementasi tanggung jawab anak dan melakukannya di rumah, dan d) fasilitas sekolah yang mendukung kegiatan implementasi tanggung jawab anak; 3) respon anak-anak terhadap kegiatan implementasi tanggung jawab anak sangat baik, sedangkan untuk faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu dalam pelaksanaan implementasi tanggung jawab anak. Kata kunci: Implementasi Tanggung Jawab, TK Al Irsyad 02 Cilacap

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2021 04:15
Last Modified: 11 Jun 2021 04:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70721

Actions (login required)

View Item View Item