DESKRIPSI KREASI CLAY PADA ANAK USIA TK DI LAKEISHA SOUVENIR

Alfionita Cahya, Buana (2021) DESKRIPSI KREASI CLAY PADA ANAK USIA TK DI LAKEISHA SOUVENIR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI Fulltext_Alfionita Cahya Buana_14111241037_PGPAUD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan kreasi clay anak usia TK di Lakeisha Souvernir, Kasongan Bantul. Penelitian ini diangkat karena terdapat hal yang unik dan berbeda dari lembaga informal lainnya, yakni berkreasi dengan menggunakan clay serta secara tidak langsung terstimulasinya aspek keterampilan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu: 14 anak usia TK (4-7 tahun). Obyek penelitian berupa hasil karya dan proses kreasi clay di Lakeisha Souvernir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi partisipatif, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Miles and Huberman. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ialah kreasi clay sebagai instrumen utama. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan kreasi clay anak usia TK di Lakeisha Souvernir sebagai berikut: 1) mayoritas media yang digunakan anak TK saat berkreasi clay dalam kelas membentuk adalah clay (by hand made), sehingga anak dapat bebas berkreasi. 2) terdapat 6 teknik dasar sederhana yang diajarkan pada anak dalam kreasi clay: memulung, menekan dengan berbagai cara, meremas, melinting, menyambung, dan menempel. 3) aspek keterampilan yang terstimulasi dalam kegiatan kreasi clay, yakni: motorik, sosial-emosional, kognitif, bahasa, dan seni. 4) Hasil karya anak memiliki kreativitas yang cukup tinggi dan mampu memberikan detail pada beberapa figur. Kata kunci: kreasi clay.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:22
Last Modified: 11 Jun 2021 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70717

Actions (login required)

View Item View Item