PENERAPAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SECARA DARING DI TK KEBONROMO 4

Oetari, Pangesti (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SECARA DARING DI TK KEBONROMO 4. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS_OETARI PANGESTI_16111241034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran membaca permulaan secara daring di TK Kebonromo 4. Fokus penelitiannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan peserta didik. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran membaca permulaan secara daring di TK Kebonromo 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Perencanaan yang dilakukan guru dalam pembelajaran membaca permulaan secara daring di TK Kebonromo 4 meliputi program semester, RPPM (BDR) dan RPPH (BDR). Namun, ada pembelajaran membaca permulaan tambahan yang tidak dimasukkan ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tetapi perencanaan dengan rapat antara guru dan kepala sekolah. (2) Pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan secara daring di TK Kebonromo 4 dilaksanakan dengan media pembelajaran dari bahan alam dan buku AISM, pembelajaran membaca permulaan secara online dilakukan setiap 2 kali seminggu dan offline setiap 2 kali seminggu, (3) Dalam tahap evaluasi, guru menilai dengan pembelajaran langsung dan hasil karya serta melaporkan hasil pembelajaran membaca permulaan secara daring melalui rangkuman tiap bulan dan buku rapot kepada orang tua, (4) Faktor pendukung pembelajaran membaca permulaan secara daring yaitu orang tua yang mendukung, motivasi belajar peserta didik, guru dan fasilitas pendukung serta faktor penghambatnya yaitu kesibukan orang tua, kemampuan guru dan kurangnya fasilitas yang dimiliki orang tua dirumah. Kata kunci: Pembelajaran Membaca Permulaan, Daring, TK Kebonromo 4

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:19
Last Modified: 10 Jun 2021 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70711

Actions (login required)

View Item View Item