Pengembangan Movable Book untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan dan Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar Se- Gugus Yasa Praja Kecamatan Wanayasa, Banjarnegara.

Hidayatuloh, Adil and Wangid, Muhammad Nur (2020) Pengembangan Movable Book untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan dan Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar Se- Gugus Yasa Praja Kecamatan Wanayasa, Banjarnegara. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-adil hidayatuloh-16712251058.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan movable book berbasis pendidikan karakter yang layak dan efektif untuk menanamkan karakter peduli lingkungan dan meningkatkan minat membaca siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model dari Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah: 1) studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba awal, 5) revisi uji coba awal, 6) uji coba diperluas, 7) revisi produk ujicoba diperluas, 8) uji coba operasional, 9) revisi produk akhir, dan 10) diseminasi dan implementasi. Penelitian ini subjeknya adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri 1 Pesantren dan SD Negeri 2 Pesantren. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Validasi produk yang dikembangkan dilakukan oleh ahli bahan ajar, ahli materi, respon siswa, dan guru. Teknik analisis data menggunakan uji statistik dan uji manova. Hasil penelitian berupa movable book berbasis pendidikan karakter dinyatakan valid digunakan berdasarkan validasi ahli dan dan uji coba pada siswa. Kevalidan pada espek bahan ajar memperoleh skor 79 dengan katagori “sangat baik”, aspek materi memperoleh skor 39 dengan kategori “sangat baik”, respon guru memperoleh skor 36 dengan kategori “sangat baik”, dan respon siswa memeperoleh skor 160 dengan kategori “baik”. Movable book yang dikembangkan efektif meningkatkan karakter penduli lingkungan dan minat membaca siswa. Hasil dari uji coba MANOVA pada data uji coba operasional menunjukan taraf signifikansi 0,002 yang berarti <0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan karakter peduli lingkungan dan minat membaca siswa kelas II SD Negeri se-Gugus Yasa Praja Kecamata Wanayasa, Banjarnegara yang melaksanakan pembelajaran menggunakan movable book yang dikembangkan dengan yang tidak melaksanakannya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: karakter, lingkungan, membaca, minat, movable book, peduli
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 May 2021 07:09
Last Modified: 01 Nov 2021 04:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70658

Actions (login required)

View Item View Item