Pengembangan LKPD Mobile Learning Berbasis PBL pada Pokok Bahasan Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Peserta Didik Kelas X SMA.

Agung, Fitra Purnama and Aminatun, Tien (2020) Pengembangan LKPD Mobile Learning Berbasis PBL pada Pokok Bahasan Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Peserta Didik Kelas X SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-fitra purnama agung-18725251013.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kualitas kelayakan LKPD mobile learning berbasis PBL yang dikembangkan sebagai bahan ajar dan media pembelajaran pada pokok bahasan perubahan lingkungan untuk peserta didik kelas X SMA, 2) keterlaksanaan model PBL yang dikembangkan dalam LKPD mobile learning pada pokok bahasan perubahan lingkungan, 3) keefektifan penggunaan LKPD mobile learning berbasis PBL terhadap peningkatan literasi lingkungan peserta didik kelas X SMA. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan model Design and Development Research oleh Peffers. Desain pengembangan tersebut memiliki enam tahap, yaitu: 1) identify the problem, 2) describe the objectives, 3) design and develop the artifact, 4) test the artifact, 5) evaluate testing result, 6) communicate the testing results. Subjek uji coba terbatas pada 15 peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tanjungsari. Subyek uji lapangan terdiri dari uji coba kelompok kecil 34 peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tanjungsari. Uji coba kelompok besar 36 peserta didik kelas eksperimen dan 36 peserta didik untuk kelas kontrol di kelas X SMA Negeri 1 Karangmojo. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk menjaring data respon peserta didik terhadap penilaian LKPD mobile learning berbasis PBL dan instrumen tes open ended questions untuk mengetahui literasi lingkungan peserta didik. Teknik validitas instrumen melibatkan validasi isi oleh ahli media dan materi serta validasi empiris menggunakan program QUEST yang didasarkan pada besarannya rata-rata nilai INFIT MNSQ pada batas 0.77 hingga 1.30. Teknik analisis data menggunakan uji independent samples t-test pada taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan LKPD mobile learning dinilai dari kelayakan oleh ahli media, ahli materi, guru biologi dan respon peserta didik memperoleh hasil kategori sangat baik. 2) keterlaksanaan model PBL yang dikembangkan dalam LKPD mobile learning dapat terlaksana dengan baik, dengan presentase kegiatan awal sebesar 100%, kegiatan inti 100%, dan kegiatan penutup 100%. 3) LKPD mobile learning berbasis PBL efektif meningkatkan literasi lingkungan peserta didik melalui permasalahan lingkungan yang disajikan di dalam fitur aplikasi LKPD mobile learning berbasis PBL yang membutuhkan kegiatan analisis, evaluasi hingga merumuskan gagasan pemecahan masalah terkait lingkungan yang dipelajari dengan kegiatan PBL. Hasil ini didukung melalui hasil analisis rata- rata gain skor yang diketahui bahwa terdapat pengaruh peningkatan literasi lingkungan peserta didik pada kategori sedang sebesar 0.64 yang pembelajarannya menggunakan LKPD mobile learning berbasis PBL.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD mobile learning, problem based learning, perubahan lngkungan, literasi lingkungan.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 May 2021 06:30
Last Modified: 24 May 2021 06:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70634

Actions (login required)

View Item View Item