Pengembangan LKPD Mobile Learning Berbasis Android dengan Socio-Scientific-Issues untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA.

Arizen, Aga and Suhartini, Suhartini (2020) Pengembangan LKPD Mobile Learning Berbasis Android dengan Socio-Scientific-Issues untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-aga arizen-17725251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan LKPD mobile learning berbasis Android dengan socio-scientific-issues pada materi perubahan lingkungan; (2) efektifitas LKPD mobile learning berbasis Android dengan socio- scientific-issues dalam meningkatkan minat belajar peserta didik; dan (3) efektifitas LKPD mobile learning berbasis Android dengan socio-scientific-issues dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. LKPD mobile learning yang dikembangkan dievaluasi oleh ahli dan praktisi dan diuji efektivitasnya pada peserta didik kelas X SMA menggunakan quasi-experiment non-equivalent pretest- posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan panduan wawancara, angket analisis kebutuhan, angket penilaian untuk ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, guru biologi, dan peserta didik, angket minat belajar, dan test literasi sains. Teknik analisis data menggunakan uji Mann whitney dan n-gain score. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD mobile learning berbasis Android dengan socio-scientific-issues layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran biologi; (2) LKPD mobile learning berbasis Android dengan socio- scientific-issues efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik; dan (3) LKPD mobile learning berbasis Android dengan socio-scientific-issues efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD, mobile learning, socio-scientific-issues, minat belajar, literasi sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 May 2021 03:45
Last Modified: 23 Feb 2023 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70633

Actions (login required)

View Item View Item