PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS UNTUK SISWA KELAS VI SD NEGERI TERSIDILOR

Lestari, Puji (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS UNTUK SISWA KELAS VI SD NEGERI TERSIDILOR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
PujiLestari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara dan (2) meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan model kooperatif tipe talking chips pada siswa kelas VI SD Tersidilor, Pituruh, Purworejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Tersidilor yang berjumlah 15 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemis dan MC Taggart yang berlangsung dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan observasi, tes unjuk kerja, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah nilai hasil observasi aktivitas keterampilam berbicara siswa mendapat nilai ≥ 80 dengan kategori sangat baik dan ketuntasan klasikal siswa kelas VI minimal mencapai presentase sebesar 85 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas VI SD N Tersidilor dapat ditingkatkan melalui model kooperatif tipe talking chips. Hasil observasi proses pembelajaran menunjukkan peningkatan proses keterampilan berbicara siswa siklus I sebesar 15 pada siklus I sebesar 67,5 % meningkat menjadi 82,5% pada siklus II. Hasil tes unjuk kerja menunjukkan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa yang diperoleh pada siklus 1 sebesar 74 dengan sebanyak 9 siswa yang sudah tuntas, dan 6 sisanya belum tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83,33 dengan 13 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang tidak tuntas. Hasil ketuntasan unjuk kerja keterampilan berbicara siswa meningkat sebesar 26,67%, pada siklus I pencapaian presentase ketuntasan klasikal sebesar 60% dan siklus II semakin meningkat menjadi 86,67%. Kata kunci : keterampilan berbicara, talking chips, siswa sd

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 May 2021 01:59
Last Modified: 21 May 2021 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70629

Actions (login required)

View Item View Item