UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE HURUF UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Pahlavi, Iva Kurnia Anisabani (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE HURUF UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Iva Kurnia Anisabani Pahlavi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil kemampuan membaca dan menulis permulaan menggunakan media puzzle huruf pada siswa kelas I SD Negeri 2 Blunyahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif model Kemmis dan Mc Taggart, dengan subjek penelitian siswa kelas I SD Negeri 2 Blunyahan yang berjumlah 19 siswa. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus yang setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan yang dilakukan secara tatap muka dengan membagi siswa menjadi 2 kelompok. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle huruf dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil kemampuan membaca dan menulis permulaan pada siswa. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan pada keberhasilan langkah penggunaan media puzzle huruf yang dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan, peningkatan aspek kemampuan membaca dan menulis permulaan, antusias, dan peran aktif siswa. Peningkatan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dan persentase keberhasilan siswa. Nilai rata-rata kelas pada siklus I kemampuan membaca permulaan sebesar 68,32 dengan persentase keberhasilan 26%, dan nilai rata-rata kelas kemampuan menulis permulaan sebesar 69,11 dengan persentase keberhasilan 32%. Nilai rata-rata kelas pada siklus II kemampuan membaca permulaan meningkat sebesar 7,63 menjadi 75,95 dengan persentase keberhasilan 53%, dan pada kemampuan menulis permulaan meningkat sebesar 6,89 menjadi 76,00 dengan presentase keberhasilan 53%. Nilai rata-rata kelas pada siklus III kemampuan membaca permulaan meningkat sebesar 3,89 menjadi 79,84 dengan persentase keberhasilan 79%, dan pada kemampuan menulis permulaan meningkat sebesar 5,05 menjadi 81,05 dengan persentase keberhasilan 84% Kata Kunci: kemampuan membaca dan menulis permulaan, media puzzle huruf

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 May 2021 01:41
Last Modified: 21 May 2021 01:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70626

Actions (login required)

View Item View Item