PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR TENTANG ERUPSI GUNUNG API UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA SISWA KELAS IV SDN KLEDOKAN SELOMARTANI KALASAN

Kurniawan, Dwi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR TENTANG ERUPSI GUNUNG API UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA SISWA KELAS IV SDN KLEDOKAN SELOMARTANI KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dwi Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media miniatur tentang erupsi gunung api yang layak untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana siswa kelas IV SD N Kledokan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara, skala, tes prestasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media erupsi gunung api memiliki tingkat kelayakan yang layak sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Hasil uji ahli materi terhadap media tersebut memperoleh skor rata-rata 4,66 dengan tingkat kelayakan “sangat layak”. Sedangkan hasil uji ahli media diperoleh skor rata-rata 3,69 dengan tingkat kelayakan “sangat layak”. Tahap implementasi terhadap 4 subyek uji coba diperoleh rata-rata skor 4,62 dengan tingkat kelayakan “sangat layak”. Tahap penilaian melalui pretest dan posttest menunjukkan hasil yang signifikan yaitu dengan rata-rata skor 90 yang mengalami peningkatan nilai sebesar 125 % dibandingkan hasil pretest dengan skor rata-rata 40. Kata kunci: kesiapsiagaan, media erupsi gunung api , pengembangan media.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 May 2021 08:46
Last Modified: 20 May 2021 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70624

Actions (login required)

View Item View Item