IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA

Farahnas, Aulia Rafiqa (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
AULIA RAFIQA FARAHNAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta yang belum pernah diungkap sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sehingga subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta dilaksanakan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengondisian. Kegiatan rutin meliputi kegiatan merayakan hari-hari besar keagamaan, melaksanakan ibadah sehari-hari, menyanyikan lagu,berbaris sebelum masuk kelas, upacara rutin dan upacara hari-hari besar nasional, menyambut siswa, piket kelas, semutlis, Jumat bersih, dan kegiatan literasi. Kegiatan spontan meliputi kegiatan spontan dalam melaksanakan ibadah, kegiatan spontan dalam pembiasaan disiplin, kegiatan spontan dalam memelihara kebersihan lingkungan, dan melakukan aksi sosial. Keteladanan meliputi keteladanan pembiasaan disiplin, menggunakan produk dalam negeri, keteladanan pembiasaan memelihara kebersihan lingkungan, dan keteladanan pembiasaan hemat energi. Pengondisian meliputi memiliki fasilitas untuk ibadah, memiliki kotak saran dan pengaduan, memiliki catatan kehadiran, memiliki tata tertib sekolah, memajang tanda-tanda penghargaan prestasi, menyediakan fasilitas yang menyenangkan untuk membaca, memiliki tempat pembuaangan sampah dan tempat cuci tangan, menyediakan kamar mandi dan air bersih, menyediakan peralatan kebersihan, dan melaksanakan 5S. Kata Kunci: pendidikan karakter, budaya sekolah, Sekolah Dasar,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 May 2021 08:27
Last Modified: 20 May 2021 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70622

Actions (login required)

View Item View Item