PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS 5 SD NEGERI SE-KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA

Elindasari, Dhevi Ayu (2021) PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS 5 SD NEGERI SE-KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
DHEVI AYU ELINDASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan belaajr siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Kotagede Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari perilaku siswa di sekolah antara lain masih kurangnya disiplin waktu siswa ketika memulai pembelajaran, siswa membuat suara gaduh dan bermain bersama teman sebangku di kelas, beberapa siswa tidak mengumpulkan PR tepat waktu, masih rendahnya siswa dalam memperhatikan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian reward dan punishment secara bersama-sama terhadap kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Kotagede yang berjumlah 426 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 206 siswa yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala kedisiplinan belajar, skala reward, dan skala punishment. Instrumen yang dibuat diujicobakan pada 125 siswa. Uji validitas instrument menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement sedangkan uji reliabilitas menngunakan Teknik analisis koefisien Alpha Cronbach . Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan Fhitung (49,327) > Ftabel (3,04) dan tingkat signifikansi 0,000 atau kurang dari 0,05 dengan pengaruh simultan 32%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari pemberian reward dan punishment terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri seKecamatan Kotagede. Positif dan signifikan pada penelitian ini memiliki arti setiap peningkatan reward dan punishment maka akan terjadi peningkatan dalam kedisiplinan belajar. Kata kunci : reward, punishment, kedisiplinan belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 May 2021 08:23
Last Modified: 20 May 2021 08:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70621

Actions (login required)

View Item View Item