PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN PAPAN BATANG PECAHAN PADA KELAS V SDN CIREN PANDAK BANTUL

Rahmawati, Isti (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN PAPAN BATANG PECAHAN PADA KELAS V SDN CIREN PANDAK BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Isti Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika menggunakan papan batang pecahan. Penelitian juga bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi operasi hitung bilangan pecahan menggunakan papan batang pecahan pada kelas V SDN Ciren. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ciren berjumlah 23 siswa terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Desain penelitian menggunakan model penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan dalam satu kali pertemuan dan dua kali pertemuan pada siklus kedua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes tertulis. Observasi digunakan dalam memperoleh data proses pembelajaran sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan papan batang pecahan dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan pecahan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas V SDN Ciren Pandak Bantul tahun ajaran 2020/2021. Peningkatan terjadi setelah guru melaksanakan pembelajaran dengan memperagakan materi operasi hitung bilangan pecahan menggunakan papan batang pecahan kemudian diikuti oleh setiap siswa. Hasil belajar siswa pada pra siklus 39,13 meningkat pada siklus I menjadi 64,13 kemudian menjadi 85,33 pada siklus II. Jumlah siswa tuntas belajar pada pra siklus 2 siswa (8,70%) meningkat pada siklus I 8 siswa (34,78%) pada siklus II menjadi 19 siswa (82,61%). Persentase aktivitas siswa mencapai 80% pada siklus II. Kata kunci: hasil belajar, operasi hitung bilangan pecahan, Papan Batang Pecahan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 May 2021 08:15
Last Modified: 20 May 2021 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70620

Actions (login required)

View Item View Item