Aplikasi Multidimensional Scalling (Studi Kasus : Analisis Segmentasi dan Peta Posisi UIN Sunan Kalijaga terhadap Perguruan Tinggi di Yogyakarta)

Epha Diana Supandi, S.Si., M.Sc. and Dra. Khurul Wardati, M.Si. and Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc. (2009) Aplikasi Multidimensional Scalling (Studi Kasus : Analisis Segmentasi dan Peta Posisi UIN Sunan Kalijaga terhadap Perguruan Tinggi di Yogyakarta). Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009. ISSN 978‐979‐16353‐3‐2

[img]
Preview
Text
S.10 Epha Diana Supandi-Khurul Wardati-Iwan Kuswidi.pdf

Download (267kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Semakin ketatnya persaingan di antara perguruan tinggi menuntut harus mampu menghadapi dan memenangkannya dengan menerapkan strategi-strategi pemasaran. Segmentasi dan pemetaan posisi adalah salah satu tujuan di dalam strategi pemasaran modern yang dapat membantu perusahaan sama halnya dengan universitas untuk dapat membantu mengidentifikasikan kesempatan pemasaran untuk masa depan yang lebih baik. Tujuan utama penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui segmentasi pasar Universitas Islam Negeri Yogyakarta, kedua untuk mengetahui peta posisi persaingan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga terhadap perguruan tinggi lain di Yogyakarta dan ketiga untuk mengetahui hubungan antara karakteristik demografi dan perilaku dengan berbagai kelompok/segmen perguruan tinggi yang terbentuk. Penelitian ini menggunakan tujuh universitas sebagai objek penelitian yaitu : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Sunan Kalijaga) : Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Universitas Pembangunan Negeri (UPN) ”Veteran” Yogyakarta. Teknik pengumpulan data adalah dengan mendistribusikan kuesioner kepada responden dengan menggunakan teknik pensampelan acak proposional. Atribut penelitian yang digunakan adalah : biaya, lokasi, pelayanan akademik, proses pembelajaran, suasana religi, sarana prasarana, reputasi, promosi dan kualitas lulusan. Metode analisis menggunakan teknik klaster, multidimensional scalling dan tabulasi silang. Hasil analisis klaster memperlihatkan bahwa bahwa UIN Sunan Kalijaga mempunyai kekuatan pada variabel biaya dan suasana religius dibandingkan dengan universitas lain. berada satu segmen/kelompok dengan UNY dan UPN. Berdasarkan analisis klaster UIN Sunan Kalijaga berada dalam satu kelompok/segmen dengan UNY dan UPN, segmen ini dinamakan segmen ekonomis. Sedangkan berdasarkan metode multidimensional scalling memperlihatkan bahwa pesaing terdekat UIN Sunan Kalijaga adalah UNY. Kata Kunci : Segmentasi, Pemetaan posisi, Analisis Klaster, Segmentasi, Pemetaan posisi, Analisis Klaster,

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi Setyana
Date Deposited: 01 Nov 2012 00:33
Last Modified: 01 Nov 2012 00:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7062

Actions (login required)

View Item View Item