Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Konstruktivistik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif pada Mata Kuliah Teknologi Pendidikan.

Nursafitri, Laila and Sofyan, Herminarto (2018) Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Konstruktivistik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif pada Mata Kuliah Teknologi Pendidikan. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-laila nursafitri-15703261061.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model blended learning berbasis konstruktivistik yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif pada mata kuliah Teknologi Pendidikan, (2) mengetahui efektifitas model blended learning berbasis konstruktivistik terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif pada mata kuliah Teknologi Pendidikan, dan (3) mengetahui pelaksanaan model blended learning berbasis konstruktivistik terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif pada mata kuliah Teknologi Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan adaptasi desain dari Ellis & Levy. Validasi rancangan model dilakukan melalui expert judgment dan focus group discussion. Uji coba model dilakukan menggunakan quasi experiment non-equivalent pree-test post-test control group design. Uji coba dilaksanakan di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam Lampung. Uji coba I dilaksanakan pada program studi Pendidikan Guru Raudathul Athfal (PGRA) dengan jumlah sampel kelas eksperimen sebanyak 14 orang mahasiswa. Uji coba II dilaksanakan pada program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan jumlah sampel sebanyak 16 orang mahasiswa. Data penelitian mengenai penerapan model diperoleh melalui observasi, sedangkan data keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif diperoleh melalui tes. Analisis data untuk mengetahui efektifitas model dilakukan melalui uji Mann Withney U dengan bantuan SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) diperoleh model blended learning berbasis konstruktivistik yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif pada mata kuliah Teknologi Pendidikan. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi model dengan nilai rerata 46,4 (masuk kategori valditas tinggi). (2) Hasil uji statistik untuk keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif masing-masing memperoleh nilai sig. = 0,000 < α. dengan tingkat signifikansi α = 5% (0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pada keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif melalui penerapan model blended learning berbasis konstruktivistik pada mata kuliah Teknologi Pendidikan. (3) Pelaksanaan model blended learning berbasis konstruktivistik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif sesuai dengan sintaks model. Implementasi sintaks model untuk alokasi waktu 2 sks dapat dilaksanakan dalam empat kali pertemuan dengan proporsi pembelajaran online sebanyak 42,5 %.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 May 2021 06:27
Last Modified: 28 May 2021 06:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70618

Actions (login required)

View Item View Item