Refleksi Kritis Edukatif Tembang-tembang dalam Serat Rama.

Handoyo, Cipto Budy and Suwardi, Suwardi (2018) Refleksi Kritis Edukatif Tembang-tembang dalam Serat Rama. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-cipto budy handoyo-4703261006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggali makna secara hermeneutik pesan-pesan pendidikan Andragogi, pendidikan Harmoni, dan pendidikan berwawasan budaya pada tembang-tembang dalam Serat Rama karya Raden Ngabehi Yasadipura. Pekerjaan peneletian ini meliputi: (1) menggambarkan dan menganalisis pesan pendidikan Andragogi dalam Serat Rama, (2) menggambarkan dan menganalisis pesan pendidikan Harmoni dalam Serat Rama, (3) menggambarkan dan menganalisis pesan pendidikan berwawasan budaya dalam Serat Rama (4) mengidentifikasi tembang-tembang dalam Serat Rama yang memiliki muatan pesan pendidikan. Penelitian ini menggunakan buku sebagai bahan kajiannya, sehingga tetmasuk Analisis Dokumen. Untuk menemukan jawaban dari tujuan penelitian di atas menggunakan kajian hermeneutika. Kajian hermeneutika digunakan dalam penelitian ini dengan tujuan agar dapat mendapatkan makna lebih dalam dari teks dalam Serat Rama. Hasil penelitian meliputi: 1) pendidikan andragogi dalam Serat Rama ditemukan pada saat disampaikannya pesan-pesan pendidikan hidup berketuhanan (terdapat dalam pupuh-pupuh: 24 pada 1-2, pupuh 33 pada 1, pupuh 43 pada 3, pupuh 51 pada 14, dan pupuh 81 pada 3); pada saat disampaikannya pesan-pesan pendidikan hidup berperikemanusiaan (terdapat dalam pupuh-pupuh: 1 pada 41, pupuh 2 pada 1-2, pupuh 77 pada 8, dan pupuh 84 pada 23-24); pada saat disampaikannya pesan-pesan pendidikan cinta negara (terdapat dalam pupuh-pupuh: 64 pada 9, dan pupuh 68 pada 4); pada saat disampaikannya pesan pendidikan berkeadilan (terdapat dalam pupuh: 80 pada 30); pada saat disampaikannya pesan hidup saling menolong (terdapat dalam pupuh 6 pada 12); pada saat disampaikannya pesan hidup saling menghargai (terdapat dalam pupuh 3 pada 20-23). 2) pendidikan harmoni dalam Serat Rama ditemukan pada pupuh-pupuh: 64 pada 9, pupuh 68 pada 4, pupuh 3 pada 20-23, pupuh 4 pada 5-6, pupuh 4 pada 17-18. 3) Pendidikan Berwawasan Budaya dalam Serat Rama ditemukan dalam pupuh 6 pada 12, dan pupuh 80 pada 30. 4) Tembang-tembang yang digunakan untuk menyampaikan Pendidikan Andragogi adalah: Kinanthi, Pangkur, Mijil, dan Sinom, Dhandhanggula, Pangkur, Sinom, dan Asmaradana; tembang-tembang yang digunakan untuk menyampaikan Pendidikan Harmoni adalah: Sinom, Asmaradana; tembang-tembang yang digunakan untuk menyampaikan Pendidikan Berwawasan Budaya adalah: Dhandhanggula.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, tembang, andragogi, harmonis, budaya, pupuh, pada
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa > Sastra Jawa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 May 2021 04:08
Last Modified: 28 May 2021 06:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70614

Actions (login required)

View Item View Item