Alkusaeri, Alkusaeri (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Sasak. S3 thesis, UNY.
Text
disertasi-al kusaeri-14703261003.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran matematika berbasis budaya Sasak. Hal tersebut dilakukan sebagai inovasi dari pendekatan etnomatematika yang digunakan pada pembelajaran matematika tingkat dasar. Pendekatan etnomatematika fokus pada pemanfaatan unsur-unsur budaya baik yang bersifat fisik, non-fisik, kognitif, afektif maupun psikomotorik. Penelitian ini diselenggarakan di 12 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dalam wilayah Kecamatan Aikmel Lombok Timur dengan mendayagunakan kekayaan budaya masyarakat Sasak, terutama kandungan elemen fisik dan nilai- nilai kultural yang mencerminkan obyek nyata dan aktivitas matematik. Guru, siswa dan orang tua siswa di sekolah-sekolah tersebut masih mempertahankan adat-istiadat masyarakat Sasak. Sebanyak 432 siswa dipilih sebagai subyek penelitian, kemudian diteliti kemampuan mereka dalam mengidentifikasi obyek matematika, menyelesaikan masalah matematika, dan proses matematisasi berbasis budaya masyarakat Sasak. Hasil penelitian ini menunjukkan tendensi sebagai berikut. Pertama, tidak terdapat perbedaan kemampuan mengidentifikasi objek matematika melalui produk budaya Sasak antara siswa Sekolah Dasar dengan Madrasah Ibtidaiyah; kedua, terdapat perbedaan kemampuan melakukan penyelesaian masalah matematika antara siswa Sekolah Dasar dengan Madrasah Ibtidaiyah; ketiga, terdapat perbedaan kemampuan melakukan proses matematisasi antara siswa Sekolah Dasar dengan Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan etnomatematika sebagai acuan dalam menyelenggarakan pembelajaran matematika berbasis budaya Sasak tidak secara langsung dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dan proses matematisasi. Dengan demikian, guru harus tetap berperan sebagai sumber informasi tentang budaya Sasak dan aktif mengelola proses pembelajaran, peran tersebut diperlukan karena kebiasaan, kondisi, dan pengalaman belajar siswa mempengaruhi proses dan keberhasilan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika, budaya, dan Etnomatematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 May 2021 03:43 |
Last Modified: | 28 May 2021 06:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70607 |
Actions (login required)
View Item |