Pengembangan Instrumen Penilaian Sistem Praktikum Fisika SMA/MA Secara Holistik.

Sarjono, Sarjono and Mardapi, Djemari (2018) Pengembangan Instrumen Penilaian Sistem Praktikum Fisika SMA/MA Secara Holistik. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
disertasi-sarjono-11701269003.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian sistem praktikum fisika SMA/MA secara holistik yang mempunyai karakteristik yang valid, reliabel dan konstruktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang secara garis besar melalui tiga tahapan, yaitu pengembangan awal instrumen, Validasi instrumen dan ujicoba instrumen, Validasi dilakukan oleh promotor, ahli pengukuran pendidikan, ahli pendidikan fisika dan praktisi pendidikan fisika. Setelah instrumen divalidasi, kemudian diujicobakan pada SMA/MA negeri dan swasta sebanyak 505 peserta didik pada uji coba I dan 720 lebih pada uji coba II. Data hasil ujicoba berupa data politomus dengan tiga kategori dianalisis mengikuti Partial Credit Model (PCM) dengan program Quets, Parscale dan LISREL. Program Quest untuk menguji kecocokan model dan tingkat kesukaran butir, sedangkan program Parcale untuk mendapatkan ablitity, fungsi informasi dan SEM, sementara itu program Lisrel digunakan untuk melakukan Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk menguji kecocokan (fit) model dengan mengetahui 5 parameter goodness of fit index. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahap ujicoba I maupun ujicoba II, berdasarkan kriteria mean INFIT MNSQ 1,00 dan simpangan baku 0,00, terbukti bahwa tes fit dengan model PCM 1 PL. Berdasarkan batas terendah dan tertinggi INFIT MNSQ antara 0,77 sampai dengan 1,30, maka butir-butir soal pada ke- empat instrumen semuanya fit dengan model PCM 1 PL. Penentuan goodness of fit index menggunakan 5 parameter, yaitu (1) Chi kuadrat empiris < 2 df; (2) Signifikansi (p) ≥ 0,05; (3) Root Mean Square Approximation (RMSEA) ≤ 0,08; (4) Goodness of Fit Index (GFI) ≥ 0,90 dan (5) AGFI ≥ 0,90. Berdasarkan batas- batas pada lima parameter tersebut baik pada tahap uji coba maupun Implementasi, instrumen valid dan reliabel serta memenuhi syarat goodness of fit. Kontribusi masing-masing komponen yaitu kompetensi sikap spiritual (KI-1) sebesar 0,92, kompetensi sikap sosial (KI-2) sebesar 0,87, kompetensi kognitif (KI-3) sebesar 0,81 dan kompetensi keterampilan (KI-4) sebesar 0,97. Jadi berdasarkan beberapa uji tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan mempunyai validitas isi, validitas secara empirik, validitas konstruk dan reliabel serta terdiri dari butir yang baik. Dengan demikian instrumen yang dikembangkan siap digunakan oleh guru fisika SMA/MA untuk penilaian.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian praktikum fisika, politomus dan PCM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 May 2021 02:39
Last Modified: 10 May 2021 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70594

Actions (login required)

View Item View Item