EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PROGRAM 4 TAHUN DALAM MENINGKATKAN EMPLOYABILITY LULUSAN

Amin, Muhammad Mustagfirin and Kumaidi, Kumaidi (2017) EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PROGRAM 4 TAHUN DALAM MENINGKATKAN EMPLOYABILITY LULUSAN. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-mustaghfirin amin-12701269008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tingkat employability lulusan SMK 4 tahun dengan menggunakan SMK 3 tahun sebagai base line data. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPPO (context, input, process, product, and outcomes). Sampel penelitian terdiri atas delapan SMK 4 tahun dan delapan SMK 3 tahun yang setara dan tersebar di beberapa provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Sulawesi Selatan. Subjek penelitian sebanyak 544 orang terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua program keahlian, koordinator BKK, koordinator guru BK, koordinator tim penjaminan mutu, guru, siswa, alumni, perwakilan DU/DI, dan komite sekolah. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dengan mengunakan statistik deskriptif. Hasil perbandingan menunjukkan: (1) Kurikulum SMK 4 tahun dan 3 tahun menggunakan kurikulum nasional yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan DU/DI; (2) Kompetensi lulusan SMK 4 tahun seluruhnya berkategori sangat baik, sedangkan SMK 3 tahun 64% sangat baik dan 36% baik; (3) Dalam pandangan DU/DI, lulusan SMK 4 tahun unggul dalam aspek disiplin, keuletan, kemampuan teori, kemampuan praktek, rasa percaya diri, ketelitian, kreativitas, dan kepemimpinan dibanding lulusan SMK 3 tahun; (4) Kompetensi guru SMK 4 tahun memiliki keunggulan dalam membimbing siswa, menghasilkan bahan ajar, mengembangkan bengkel, dan membangun kerjasama dengan DU/DI dibandingkan SMK 3 tahun; (5) Pada dasarnya sarana dan prasarana SMK 4 tahun dan SMK 3 tahun memiliki kemiripan kondisi; (6) Dalam hal pembiayaan SMK 4 tahun lebih mampu melibatkan alumni dibanding SMK 3 tahun; (7) Kecepatan mendapat pekerjaan, jumlah lulusan yang bekerja, dan penghasilan lulusan SMK 4 tahun lebih baik dari pada lulusan SMK 3 tahun; dan (8) Kepuasan kerja lulusan SMK 4 tahun lebih baik daripada lulusan SMK 3 tahun.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kebijakan, SMK, Employability Lulusan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 May 2021 02:32
Last Modified: 20 Jun 2022 01:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70593

Actions (login required)

View Item View Item