Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menyimak Berdasarkan Strategi Metakognitif untuk Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Madya.

Astuti, Widi and Nurhadi, Nurhadi (2020) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menyimak Berdasarkan Strategi Metakognitif untuk Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Madya. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-widi astuti-16715251034.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran menyimak berdasarkan strategi metakognitif untuk pemelajar BIPA tingkat madya, (2) mendeskripsikan kelayakan multimedia pembelajaran menyimak berdasarkan strategi metakognitif untuk pemelajar BIPA tingkat madya, dan (3) mendeskripsikan respons pengguna terhadap multimedia pembelajaran menyimak berdasarkan strategi metakognitif untuk pemelajar BIPA tingkat madya. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengacu pada adaptasi model pengembangan Borg & Gall yang meliputi lima langkah pengembangan, yaitu (1) pengumpulan informasi, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan produk, (4) evaluasi produk, dan (5) penyelesaian produk akhir. Validasi produk dilakukan melalui validasi ahli oleh dua ahli materi dan satu ahli media guna mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran. Uji respons pengguna melibatkan 23 pemelajar BIPA tingkat madya yang berasal dari universitas Yunnan Minzu University dan Guangxi University for Nationalities (Tiongkok) yang sedang menjalani program transfer kredit di Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Ahmad Dahlan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket analisis kebutuhan, dan angket kelayakan produk. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan skala 1—5. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran menyimak berdasarkan strategi metakognitif untuk pemelajar BIPA tingkat madya. Produk yang dikembangkan dikemas dalam bentuk compact disk (CD) dan berbentuk file .exe. Multimedia pembelajaran ini menyediakan materi menyimak yang sesuai dengan kompetensi pemelajar BIPA tingkat madya beserta berbagai bentuk soal latihan dan evaluasi. Terdapat lima tema dalam multimedia pembelajaran ini, yaitu sosial budaya, pariwisata, lingkungan hidup, pendidikan, dan hiburan. Setiap tema terbagi menjadi tiga topik dengan simakan berupa audio dan video serta monolog dan dialog. Multimedia pembelajaran dinyatakan layak oleh ahli materi dengan skor 4,58 yang berkategori “sangat baik” dan dinyatakan layak oleh ahli media dengan skor 4,45 yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan respons pengguna, multimedia pembelajaran masuk pada kriteria “sangat baik” dengan skor 4,35.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, menyimak, strategi metakognitif, pemelajar BIPA tingkat madya
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 May 2021 06:10
Last Modified: 06 May 2021 06:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70581

Actions (login required)

View Item View Item