Keefektifan StrategiLotusBlossomdan StratgiQuick Writedalam Pembelajaran Menulis Teks PersuasiSiswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Pontianak.

Alnovgada, Valents Roni and Suyata, Pujiati (2020) Keefektifan StrategiLotusBlossomdan StratgiQuick Writedalam Pembelajaran Menulis Teks PersuasiSiswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Pontianak. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-valents roni sunarno alnovgada-17715251036.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengungkapkan(1) keefektifan strategiLotusBlossom(LB)dibandingkan strategi konvensional,(2) keefektifan strategiQuickWrite(QW)dibandingkan strategi konvensional; (3) keefektifan strategiLBdibandingkan denganstrategiQW; dan (4) strategi yang paling efektif diantarastrategiLB, strategiQW, dan strategi konvensional dalam pembelajaran menulisteks persuasi.Penelitian ini adalahquasi experimentdenganpretes-posttest control groupdesain. Populasi penelitian ini adalah 255 siswa kelas VIII SMP Negeri 5Pontianak. Penentuan sampel menggunakan teknikcluster simple randomsampling. Berdasarkan penentuan tersebut, diperoleh bahwa kelas VIII-F sebagaikelompok eksperimen 1, kelas VIII-G sebagai kelompok eksperimen 2, dan kelasVIII-D sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan datamelaluipenugasan menulisteks persuasi dan lembar pengamatan. Validitas yang digunakan adalah validitasisi yang dikonsultasikan kepada ahlidan dinyatakan valid. Reliabilitas instrumendianalisis menggunakan rumusAlpha Cronbachdan hasil perhitunganmenunjukkan nilai 0,778. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anavasatujalur yang dilanjutkan ujiScheffemenggunakan programSPSSversi23.Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut.(1) StrategiLBlebih efektifdibandingkan strategi konvensionaldalam pembelajaran menulis teks persuasi,yangterbukti dari hasilujiScheffedenganmean differencesebesar9,500 dansignifikan dengan nilaip(p≤0,05). (2) StrategiQWlebih efektif dibandingkandengan strategi konvensional dalam pembelajaran menulis teks persuasi, yangterbukti dari hasilujiScheffedenganmean differencesebesar 4,179 dan signifikandengan nilaip(p≤0,05). (3) StrategiLBlebih efektif dibandingkan dengan strategiQWdalam pembelajaran menulis teks persuasi, yangterbukti dari hasilujiScheffedenganmean differencesebesar 5,321 dan signifikan dengan nilaip(p≤0,05). (4)StrategiLBmerupakan strategi yang paling efektif dibandingkan dengan strategiQWdan strategikonvensional, yangterbukti dari hasil ujiScheffedannilai rata-rata KE1yangmengalami kenaikan sebesar 11,00;KE2 sebesar 5,57;dan KKsebesar 4,07. Berdasarkanhasiltersebut, urutan keefektifan ketiga strategitersebut adalah strategiLB,strategiQW,dan strategi konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan,strategiLBdanQW,menulis, teks persuasi.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 May 2021 03:18
Last Modified: 06 May 2021 03:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70580

Actions (login required)

View Item View Item