Keefektifan Strategi TITAP Plus dan PSFT dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Minggir.

Sari, Dian Nurvita and Syamsi, Kastam (2020) Keefektifan Strategi TITAP Plus dan PSFT dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Minggir. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-dian nurvita sari-16715251022.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) adanya perbedaan kemampuan yang signifikan dalam menulis teks eksposisi antara siswa kelas X SMA Negeri 1 Minggir yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi TITAP Plus, PSFT, dan konvensional; (2) keefektifan strategi TITAP Plus dibandingkan dengan strategi konvensional dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Minggir; (3) keefektifan strategi PSFT dibandingkan dengan strategi konvensional dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Minggir; (4) keefektifan strategi TITAP Plus daripada strategi PSFT dalam dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Minggir; dan (5) strategi yang paling efektif di antara strategi TITAP Plus, PSFT, dan konvensional dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Minggir. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan desain penelitian Randomized Pretest- Postest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini adalah varibel bebas yang berupa strategi TITAP Plus dan PSFT, sedangkan variabel terikat yang berupa kemampuan siswa menulis teks eksposisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Minggir yang terdiri atas empat kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen 1, siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen 2, dan kelas X IPS 1 sebagai kelompok kontrol. Validitas instrumen yang dilakukan adalah validitas isi oleh ahli (expert judgement). Uji reliabititas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data dilakukan menggunakan uji anova dan scheffe dengan bantuan program komputer SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan yang signifikan dalam menulis teks eksposisi antara siswa kelas X SMA Negeri 1 Minggir yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi TITAP Plus, PSFT, dan konvensional; (2) strategi TITAP Plus lebih efektif daripada strategi konvensional dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Minggir; (3) strategi PSFT lebih efektif daripada strategi konvensional dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Minggir; (4) strategi TITAP Plus lebih efektif daripada PSFT dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Minggir; dan (5) strategi TITAP Plus paling efektif di antara PSFT dan konvensional dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Minggir.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: strategi TITAP Plus (KWL Plus), Strategi PSFT (RAFT), pembelajaran menulis teks eksposisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 May 2021 02:52
Last Modified: 06 May 2021 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70579

Actions (login required)

View Item View Item