Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Trilogi Novel Inspirasi Dahlan Iskan.

Frandika, Edo and Suroso, Suroso (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Trilogi Novel Inspirasi Dahlan Iskan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-edo frandika-17715251012.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari banyaknya konflik pada masyarakat yang terjadi karena perbedaan-perbedaan yang ada, yang dapat menimbulkan konflik bagi lingkungan dan negara. Penelitian ini bertujuan untuk mendsekripsikan: (1) nilai- nilai pendidikan multikultural yang terkandung dalam Trilogi Novel Dahlan Iskan, dan (2) wujud pendidikan multikultural dalam novel trilogi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dari Trilogi Novel Dahlan Iskan yang terdiri atas novel Sepatu Dahlan, Surat Dahlan, dan Senyum Dahlan, karya Khrisna Pabichara dan Tassaro GK. Data sekunder diperoleh dari buku-buku, artikel, jurnal, serta hasil penelitian relevan dengan permasalahan yang diteliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode baca catat. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas semantik, kemudian didiskusikan dengan expert judgement. Reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas data intrarater. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Trilogi Novel Dahlan Iskan terdiri dari belajar hidup dalam perbedaan, membangun rasa saling percaya, memelihara saling pengertian, menjunjung sikap saling menghargai, terbuka dalam berpikir, apresiasi dan interdependensi, dan terakhir resolusi konflik dan rekonsiliasi nirkekerasan. Nilai pendidikan multikultural yang mendominasi dalam trilogi novel tersebut adalah memelihara saling pengertian. (2) Wujud pendidikan multikultural dalam trilogi noveltersebut terdiridariwujudtoleransi,wujudkebebasan,wujudkesetaraan,dan wujud keadilan. Wujud pendidikan multikultural yag mendominasi dalam trilogi novel tersebut adalah wujud toleransi dan wujud kebebasan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: nilai pendidikan multikultural, trilogi novel Dahlan Iskan.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 May 2021 02:36
Last Modified: 06 May 2021 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70578

Actions (login required)

View Item View Item