Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Berita Berbasis Pendekatan Kontekstualbagi Mahasiswa Prodi PBSI.

Wismanto, Agus and Syamsi, Kastam (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Berita Berbasis Pendekatan Kontekstualbagi Mahasiswa Prodi PBSI. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-agus wismanto-14705261012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Menulis berita sebagai pengetahuan dasar jurnalistik merupakan kebutuhan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasadan Sastra Indonesia (Prodi PBSI). Kemampuan menulis berita yang dimaksud di sini adalah mahasiswa mampu menghasilkan tulisan yang berkontenkan berita atau peristiwa yang diamati dan dialami secara langsung dalam realitas sosial. Penelitian ini bertujuan:(1) menghasilkan model pembelajaran menulis berita berbasis pendekatan kontekstualbagi mahasiswa Prodi PBSI, (2) mendeskripsikan kelayakanmodel pembelajaran menulis berita berbasis pendekatan kontekstualbagi mahasiswa Prodi PBSI, dan (3) mengetahui keefektifan model pembelajaran menulis berita berbasis pendekatan kontekstualbagi mahasiswa Prodi PBSI.Penelitian ini merupakan research and developmentyang mengikutiprosedur pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah mahasiswa dan dosen program studi PBSI di Universitas PGRI Semarang, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Datayang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data yang dikumpulkan,antaralain: data survei analisis kebutuhan dengan angket,wawancara, danobservasi; data kelayakanmodel pembelajaran dengan instrumen penilaian; data keterlaksanaanmodel pembelajaran dengan lembar observasi; dan data keefektifan modelpembelajaran dengan lembar observasi, angket, dan tes unjuk kerja menulis berita. Data dianalisis secara deskriptifdan statistik inferensial.Temuan penelitian adalah sebagai berikut:(1) DihasilkannyaModel Pembelajaran Super Cepat Menulis Berita Berbasis Pendekatan Kontekstual (SCMBBK).Instrumen pengembangan model pembelajaranini menghasilkan produk berupa: (a) buku model pembelajaran menulis berita berbasis pendekatan kontekstual,(b) buku materi ajar pembelajaran menulis berita berbasis pendekatan kontekstual, (c) buku panduan pembelajaran menulis berita berbasis pendekatan kontekstual untuk dosen, dan (d) buku panduan pembelajaran menulis berita berbasis pendekatan kontekstual untuk mahasiswa(2) Model pembelajaranyang dikembangkan tersebut layak digunakan berdasarkan validasi yangdilakukan oleh ahli/praktisi. Kualitas kelayakanmodel pembelajaran telahmemenuhi kriteria layak. (3) Model pembelajaran menulis berita berbasis pendekatan kontekstual praktis dan efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis berita pada mahasiswa Prodi PBSI yang mengikuti perkuliahan jurnalistik. Praktisnya model pembelajaran yang dikembangkan ini dilihat dari perolehan nilai tingkat keterlaksanaannya yang dikategorikan tinggi.Efektifnya model yang dikembangkan inidilihat adanya perbedaan yang signifikan pada pencapaian menulis beritaantara mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran menulis berita berbasis pendekatan kontekstualdan yang belajar dengan modelpembelajaran konvensional. Kemampuan menulis beritapada mahasiswa Prodi xxiPBSIdengan model pembelajaranmenulis beritaberbasis pendekatan kontekstuallebih baikdibandingkan dengan mahasiswa yang belajar dengan model pembelajarankonvensional.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaransuper cepat,menulis berita,pendekatan kontekstual
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Bahasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Apr 2021 07:54
Last Modified: 31 May 2021 06:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70539

Actions (login required)

View Item View Item