Model Pembelajaran Membaca Pemahaman Berbasis Personal-Kooperatif di SMP Yogyakarta.

Rochmiyati, Siti and Nurgiyantoro, Burhan (2020) Model Pembelajaran Membaca Pemahaman Berbasis Personal-Kooperatif di SMP Yogyakarta. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-siti rochmiyati-13705261008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran membaca pemahaman berbasis Personal-Kooperatif di SMP, (2) mengembangkan model pembelajaran membaca pemahaman berbasis Personal- Kooperatif, (3) mendeskripsikan validasi dari pakar dan pemakai terhadap model pembelajaran membaca pemahaman berbasis Personal-Kooperatif, dan (4) mengetahui efektivitas model yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang prosedurnya menggunakan kombinasi model Borg & Gall (2003) dan Sukmadinata (2005). Tahapan penelitian meliputi (1) tahap eksplorasi/pendahuluan, (2) pengembangan, dan (3) tahap pengujian. Metode yang digunakan adalah mixed methods. Penelitian dilaksanakan di lima SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek penelitian meliputi 20 guru yang sekaligus sebagai pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta dan 317 siswa SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta. Data penelitian dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Uji hipotesis menggunakan t-test dengan independent sample test. Hasil penelitian ini menemukan empat simpulan. Pertama, model pembelajaran Personal-Kooperatif dibutuhkan untuk mengakomodasi kemampuan dan minat baca siswa secara personal sekaligus dapat mengembangkan kemampuan sosialnya. Kedua, produk-produk pengembangan berupa (1) buku panduan konseptual pembelajaran membaca pemahaman berbasis personal- kooperatif, (2) panduan perencanaan pembelajaran membaca pemahaman berbasis personal-kooperatif, (3) bahan ajar membaca pemahaman berbasis personal- kooperatif, dan (4) kotak bacaan dan kotak kunci jawaban. Ketiga, semua produk dinyatakan layak oleh pakar maupun pemakai (stakeholder) dengan kategori sangat baik. Keempat, berdasarkan uji statistik t-test terbukti model pembelajaran Personal-Kooperatif yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Semakin tinggi pelayanan pembelajaran terhadap kebutuhan personal dan kebutuhan sosial siswa, semakin tinggi pula kemampuan baca siswa.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, model klasikal, model pembelajaran, Personal-Kooperatif, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Bahasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:54
Last Modified: 31 May 2021 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70531

Actions (login required)

View Item View Item