Kana Hidayati, M.Pd. (2009) Validasi Instrumen Non Tes dalam Penelitian Pendidikan Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009. ISSN 978‐979‐16353‐3‐2
|
Text
P37 Kana Hidayati.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
Penggunaan instrumen non tes seperti angket, pedoman observasi, dan pedoman wawancara dalam kegiatan penelitian pendidikan matematika, saat ini semakin banyak digunakan baik oleh mahasiswa jurusan pendidikan matematika, guru matematika, dosen, maupun praktisi pendidikan matematika. Hal ini terutama apabila penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif seperti penelitian deskriptif, survey, dan khususnya penelitian tindakan kelas yang akhirakhir ini banyak dilakukan peneliti di bidang pendidikan matematika. Penelitian yang baik mestinya menggunakan instrumen yang baik pula. Salah satu hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan penyusunan instrumen yang baik adalah mengenai validitasnya. Oleh sebab itu, validasi instrumen merupakan salah satu hal yang mesti diperhatikan peneliti sebelum instrumen tersebut digunakan. Makalah ini membahas tentang instrumen non tes dalam penelitian pendidikan matematika, konsep dasar validitas instrumen, dan cara melakukan uji validitasnya. Dengan mengetahui secara lebih mendalam terutama mengenai validasi instrumen non tes, diharapkan dalam kegiatan penelitian khususnya bidang pendidikan matematika, instrumen yang digunakan valid sehingga mampu menghasilkan data yang benar-benar dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Kata kunci: validasi instrumen non tes, penelitian pendidikan matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 31 Oct 2012 00:18 |
Last Modified: | 31 Oct 2012 00:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7051 |
Actions (login required)
View Item |