Evaluasi Pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Sekolah Menengah Pertama Unggul di Kabupaten Magelang.

Indar, Indar and Jabar, Cepi Safruddin Abdul (2020) Evaluasi Pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Sekolah Menengah Pertama Unggul di Kabupaten Magelang. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-indar-15703254009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru SMP unggul di Kabupaten Magelang. Model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian dilakukan di 8 SMP unggul Kabupaten Magelang dengan melibatkan 135 sampel yang dipilih secara acak dari 218 jumlah populasi. Data diambil dengan menggunakan metode kuesioner. Kuesioner yang digunakan sebelumnya diuji validitas dan reliabiltasnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis matematis, untuk menentukan tingkat keberhasilannya menggunakan pedoman representasi nilai efektivitas. Hasil penelitian ini adalah, 1) efektivitas konteks dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru SMP unggul di Kabupaten Magelang secara keseluruhan menunjukkan nilai persentase sebesar 86,01% dari yang diharapkan; 2) efektivitas input dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru SMP unggul di Kabupaten Magelang sebesar 79,24% dari yang diharapkan; 3) efektivitas proses dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru SMP unggul di Kabupaten Magelang sebesar 78,31% dari yang diharapkan; dan 4) efektivitas produk dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru SMP unggul di kabupaten Magelang secara keseluruhan menunjukkan efektivitas yang “sangat baik”. Berbagai peningkatan telah terjadi mulai dari peningkatan kompetensi guru hingga berimbas pada peningkatan prestasi siswa di SMP unggul Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, program, keprofesian, guru, SMP
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Apr 2021 03:37
Last Modified: 28 May 2021 04:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70468

Actions (login required)

View Item View Item