Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif pada Sekolah Menengah Atas di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Budiasih, Sellvina Wahyu and Wijayanti, Wiwik (2020) Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif pada Sekolah Menengah Atas di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-sellvina wahyu budiasih-18703254002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan inklusif dari aspek: (1) context, (2) input, (3) process, (4) product pada SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP Evaluation Model. Populasi evaluasi adalah semua SMA Negeri di DIY yang memiliki siswa berkebutuhan khusus dan sampel evaluasi berjumlah dua sekolah dengan responden 57 guru dan 38 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan mengadopsi index for inclusion yang terdiri dari kuesioner guru dan siswa. Hasil pengukuran validitas kuesioner guru dinyatakan 1 butir pertanyaan tidak valid dan kuesioner siswa dinyatakan valid semua. Nilai koefisien reliabilitas dari instrumen penelitian ini adalah 0,955 pada kuesioner guru dan 0,930 pada kuesioner siswa Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa: (1) aspek context dilihat dari komponen menetapkan nilai-nilai inklusif mencapai 74,65% yang termasuk dalam kriteria baik; (2) aspek input dilihat dari komponen mengembangkan sekolah untuk semua mencapai 85,09% yang termasuk dalam kriteria sangat baik, komponen mengorganisir dukungan untuk keberagaman mencapai 82,46% yang termasuk dalam kriteria sangat baik, sedangkan komponen memobilisasi sumber daya mencapai 69,74% yang termasuk dalam kriteria baik; (3) aspek process dilihat dari komponen pengaturan pembelajaran mencapai 80,70% yang termasuk dalam kriteria sangat baik; (4) aspek product dilihat dari komponen membangun komunitas mencapai 81,41% yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Inklusivitas pendidikan bukan hanya bermanfaat bagi siswa yang terhambat, namun juga untuk siswa dan guru. Pendidikan inklusif sejatinya mengajarkan kepada semua untuk menghadapi kenyataan hidup yang niscaya beragam.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, index for inclusion, pendidikan inklusif
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Apr 2021 03:14
Last Modified: 28 May 2021 04:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70467

Actions (login required)

View Item View Item