Hubungan Profesionalisme Guru, Kinerja Guru Dan Produktivitas Kerja Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

Nagara, Rino Satya and Supriyanto, Supriyanto (2020) Hubungan Profesionalisme Guru, Kinerja Guru Dan Produktivitas Kerja Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-rino satya nagara-16703254008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan antaraprofesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018, (2) hubungan antarakinerja guru dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018, (3) hubungan antaraproduktivitas kerja guru dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018, (4) hubungan antaraprofesionalisme guru, kinerja guru dan produktivitas kerja guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan guru SMP N 2 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian adalahsiswa kelas VIIISMP N 2 Yogyakarta sebanyak 131 siswa dan guru di SMP N 2 Yogyakartayang berjumlah 34 orang guru.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan penentuan jumlah sampel dari populasi siswa yang dikembangkan dari Isaac dan Michaelsedangkan teknik pengambilan sampel untuk guru menggunakan sampel total.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresilinier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profesionalisme guru berhubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018, yang ditunjukkan oleh nilai r sebesar 0,138 dengan nilai p=0,029 < 0,05. Hal ini berarti profesionalisme guru dapat menentukan prestasi belajarsiswa, (2)Kinerja guru berhubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018, yang ditunjukkan oleh nilai r sebesar 0,172 dengan nilai p = 0,035 < 0,05. Hal ini berarti prestasi belajar siswa dapat ditentukan oleh kinerja guru, (3) Produktivitas kerja guru berhubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018, yang ditunjukkan oleh nilai r sebesar0,615dengan nilai p = 0,043< 0,05.Hal ini berarti prestasi belajar siswadapat ditentukanoleh produktivitas kerja guru, dan (4) Secara bersama-sama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara profesionalisme guru, kinerja guru dan produktivitas kerja guru dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukkan oleh nilai R square sebesar 0,167 dengan nilai sig sebesar 0,010 < 0,05. Hal ini berarti bahwa prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 merupakan hasil dari adanya profesionalisme guru, kinerja guru dan produktivitas kerja guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: profesionalisme guru, kinerja guru, produktivitas kerja guru, prestasi belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Apr 2021 02:40
Last Modified: 28 May 2021 05:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70464

Actions (login required)

View Item View Item