Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah pada Daerah Konflik di Sekolah Darulhuda Wittaya dan Sekolah Bamrungsas Wittaya.

Vateh, Adnan and Prasojo, Lantip Diat (2020) Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah pada Daerah Konflik di Sekolah Darulhuda Wittaya dan Sekolah Bamrungsas Wittaya. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-adnan vateh-18703259001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) gaya kepemimpinan situasioanal kepala sekolah di daerah konflik di Darulhuda Wittaya dan Bamrungsas Wittaya, Thailand Selatan, dan (2) kekuatan dan kelemahan gaya kepemimpinan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Darulhuda Wittaya dan Bamrungsas Wittaya. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian berdasarkan kriteria kredibilitas, transfermabilitas, dependabiltas, dan konfirmabilitas. Analisis data melalui langkah-langkah kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Gaya kepemimpinan situasional yang digunakan kepala sekolah sudah sesuai dilakukan di kawasan konflik, dengan definisi yang mendukung bahwa gaya kepemimpinan situasional adalah perilaku konsisten yang digunakan oleh pimpinan untuk mempengaruhi bawahan agar sasaran organisasi tercapai dengan menggunakan pendekatan memberitahukan, menjajakan, mengikutsertakan, dan mendelegasikan. Kelebihankelebihan yang dimiliki sekolah terhadap gaya kepemimpinan situasional untuk meminimalisir terjadinya konflik di kedua sekolah tersebut dengan cara bekerja sama dengan lingkungan sekitar termasuk polisi, tentara, serta pemimpin kampung. Adanya kerjasama tersebut menjadikan sekolah lebih aman, kondusif dan dapat berjalan dengan baik. Ada beberapa kelemahan yang dimiliki kepala sekolah dalam menggunakan gaya kepemimpinan situasional. Pertama, berkurangnya jam belajar, konflik berdampak terhadap sistem pembelajaran yang berlangsung, terjadinya penembakan, pembakaran sekolah atau bom yang merugikan lembaga pendidikan, Kedua, kinerja guru menurun. Guru di Pattani tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Ketiga, tidak adanya kepastian hari efektif belajar dan libur sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan situasional, konflik.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Apr 2021 02:28
Last Modified: 28 May 2021 05:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70462

Actions (login required)

View Item View Item