Manajemen Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19di SMK Negeri 2 Kuripan, SMK Negeri 1 Sekotong dan SMA Negeri 1 Gunungsari.

Tahalli, Ahmad and Prasojo, Lantip Diat (2020) Manajemen Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19di SMK Negeri 2 Kuripan, SMK Negeri 1 Sekotong dan SMA Negeri 1 Gunungsari. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ahmad tahalli-18703251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis manajemen pembelajaran daringyang sudah dilakukan di SMKN 2 Kuripan, SMKN 1 Sekotongdan SMAN 1Gunungsari, (2) menemukan pola manajemen pembelajaran daring, (3) menjelaskanbagaimana strategi manajemen pembelajaran daring, (4) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam manajamenpembelajaran daringdi SMKN2 Kuripan, SMKN 1 Sekotong dan SMAN 1 Gunungsari.Penelitan dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Kuripan, SMKN 1 Sekotongdan SMAN 1 Gunungsari. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian inimemiliki kriteria yaitu kreadibilitas, transfermabilitas, dependabiltas,dan konfirmabilitas. Analisis data melaluikondensasi data, kemudian menampilkan data dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkanbahwa manajemen pembelajaran daringdi SMKN 2 Kuripan, SMKN 1 Sekotongdan SMAN 1Gunungsariadalah: (1) konsep manajemen pembelajaran daring menggunakan aplikasi WhatsApp dan Google Classroom, di manasemua informasi dan pengumuman disampaikan melalui aplikasi WhatsAppsedangkan untuk pembelajaran menggunakan Google Classroom;(2) pola yang digunakan dalam manajemen perubahan di sekolah adalah menggunakan empat langkah fungsimanajemen:fungsi perencanaan, fungsipengorganisasian, fungsi pelaksanaan, dan fungsi pengendalian/pengawasan;(3) strategi yang digunakan dalam manajemen pembelajarandaring adalah memberikan tugas dan tanggung jawab berdasarkan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki, dan memberikan pelatihankapada guruyang terlibat dalam proses pembelajaran daring agar bisa menggunakan media yang digunakan dalam pembelajaran daring;dan (4) faktor pendukung dalam manajemen pembelajaran daringadalah fasilitas sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran daring,sebagian besar peserta didik dan guru memiliki handphone android dan memiliki kuota internet serta adanya bantuan dari dana BOS yang difungsikan untuk membeli kuota internet dan diberikan kepada guru dan peserta didik,sedangkan factorpenghambatnya adalah terdapat beberapa peserta didik yang tidak memiliki handphone android dan kuota internet, tempat tinggal peserta didik berada didaerah pegunungan sehingga tidak dapat mengakses jaringan internet serta terdapat beberapa peserta didik dan guru belum bisa menggunakan media dengan baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: daring, manajemen pembelajaran, covid-19
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Apr 2021 07:37
Last Modified: 28 May 2021 05:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70456

Actions (login required)

View Item View Item