Manajemen Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMK Negeri 2 Dan SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Lubis, Fitri Rahmadani and Hanum, Farida (2020) Manajemen Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMK Negeri 2 Dan SMK Negeri 3 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-fitri rahmadani lubis-18703251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan manajemen pengambilan keputusan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3 Yogyakarta, (2) Untuk menganalisis yang khas dari manajemen pengambilan keputusan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di sekolah SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Teknik penelitian pengumpulan data melakukan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data penelitian melalui triangulasi, pengecekan anggota dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, pemaparan data, dan sampai ke penarikan simpulan. Hasil penelitian di SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3 Yogyakarta menemukan (1) Manajemen pengambilan keputusan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru: a) perencanaan, terlaksana dengan mengadakan rapat rutin disetiap hari rabu dan tim manajemen mendiskusikan langkah-langkah pengambilan keputusan yang sudah direncanakan, b) pengorganisasian, tugas yang diberikan kepala sekolah sesuai kemampuan guru masing-masing atas keahlian dalam mengajar di kelas, c) pelaksanaan, belum sepenuhnya terlaksana karena masih ada beberapa guru belum menguasai memakai blended learning dan keterlambatan dalam pengumpulan administrasi, d) pengevaluasian, dilakukan dengan perbaikan dan masukan kepada guru, serta membimbing guru secara demokratis. (2) Yang khas dari manajemen pengambilan keputusan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru karena adanya komunikasi yang satu tujuan saat melakukan keputusan. Kepala sekolah dan seluruh guru menjalin kekeluargaan, saling memberikan semangat bekerja, mempererat komunikasi, suport dan saling berinteraksi satu dengan yang lainnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengambilan keputusan, manajemen, kinerja guru, kepala sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Apr 2021 07:41
Last Modified: 28 May 2021 05:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70447

Actions (login required)

View Item View Item