Pengaruh Kompetensi Guru, Media Pembelajaran, dan Manajemen Sumber Belajar terhadap Efektivitas Sekolah di SMP se-Kecamatan Turi.

Fitriana, Yeni and Sugiyono, Sugiyono (2020) Pengaruh Kompetensi Guru, Media Pembelajaran, dan Manajemen Sumber Belajar terhadap Efektivitas Sekolah di SMP se-Kecamatan Turi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-yeni fitriana-17703251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru, media pembelajaran, dan manajemen sumber belajar terhadap efektivitas sekolahdi SMP se-Kecamatan Turi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP se-Kecamatan Turi yang berjumlah 117 guru. Sampel sebanyak 90 guru ditentukan menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan teknik proportionate random samping dan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian validitas dengan uji ahli dan uji cobasecara empiris. Pengujian reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, linieritas, multikolinieritas. Uji hipotesis menggunakan uji statistik product moment yang dilakukan dengan IBM SPSS 20. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : 1) Komptensi guru telah mencapai 36,7% dari yang diharapkan, 2) kualitas media pembelajaran telah mencapai 9,8% dari yang diharapkan, 3) manajemen sumber belajar telah mencapai 13,6% dari yang diharapkan, 4) efektivitas sekolah telah mencapai40,8% dari yang diharapkan, 5) Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas sekolah sebesar 36,7% dengan regresi sebesar 0,606, 6) Media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas sekolah sebesar 9,8% dengan koefisien regresi sebesar 0,313, 7) Manajemen sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas sekolah sebesar 13,6% dengan regresi sebesar 0,369, 8) Kompetensi guru dan media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas sekolah sebesar 37% dengan regresi sebesar 0,608, 9) Kompetensi guru dan manajemen sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas sekolah sebesar 37% dengan regresi sebesar 0,608, 10) Media pembelajaran dan manajemen sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas sekolah sebesar 17,1% dengan regresi sebesar 0,413, 11) Kompetensi guru, media pembelajaran, dan manajemen sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas sekolah sebesar 37,2% dengan regresi sebesar 0,610.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Media Pembelajaran, Manajemen Sumber Belajar, Efektivitas Sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Apr 2021 07:35
Last Modified: 28 May 2021 04:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70445

Actions (login required)

View Item View Item