Manajemen Sumber Daya Manusia di Sekolah Dasar Berbasis Inklusi Purwokerto.

Prestiana, Kartika Eva and Sugito, Sugito (2020) Manajemen Sumber Daya Manusia di Sekolah Dasar Berbasis Inklusi Purwokerto. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-kartika eva prestiana-16703251006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kegiatan pengembangan SDM di SDIT Annida Sokaraja, SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah 2 Purwokerto dan SD Terpadu Putra Harapan, meliputi: (1) perencanaan SDM; (2) Pengembangan SDM; (3) Penilaian SDM; dan (4) Sistem Kompensasi SDM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan bulan Mei hingga September 2018 di SDIT Annida Sokaraja, SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah 2 Purwokerto dan SD Terpadu Putra Harapan. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator SDM, guru dan guru pembimbing khusus (GPK). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan metode triangulasi sumber dan metode kemudian data yang diperoleh dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan SDM dimulai dari penyusunan kebutuhan, rekrutmen, seleksi, penempatan, dan kemudian orientasi dan adaptasi tempat kerja baru. Perbedaan terdapat pada SD IT Al Irsyad Al Islamiyyah 2 Purwokerto dibanding dengan SD lainnya, bahwa dalam perekrutan pegawai baru di semua jenjang dijalankan oleh pihak LPP baik dari mulai rekrtutmen sampai orientasi. Setiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui website dan ada masa job training orientasi pegawai baru menginap selama satu bulan; (2) Pengembangan SDM pada umumnya sama dapat melalui pendidikan atau pelatihan. Perbedaan terjadi pada SD IT Al Irsyad Al Islamiyyah 2 Purwokerto yakni pihak yayasan memberikan beasiswa studi lanjut bagi pegaawai yang sudah mengabdi selama sepuluh tahun. Sedangkan untuk SD IT Annida Sokaraja dan SD Terpadu Putra Harapan belum menyediakan beasiswa; (3) Penilaian SDM dilaksanakan oleh Kepala Sekolah rutin setiap semester dalam bentuk supervisi kelas dan administrasi; (4) Kompensasi dan kesejahteraan yang diterima pegawai bergantung pada masa kerja pegawai, jenis pegawai baik pegawai dalam masa job training, PTTY, PTY, dan Kepala sekolah. Reward atau penghargaan diberikan kepada mereka guru yang berprestasi atau mengantarkan siswanya menjadi juara dalam sebuah kompetisi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen, pengembangan, SDM
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Apr 2021 07:26
Last Modified: 28 May 2021 05:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70443

Actions (login required)

View Item View Item