Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbasis Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Karakter Toleransi Anak

Setyowati, Atik and Suparno, Suparno (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbasis Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Karakter Toleransi Anak. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
fulltext_atik setyowati_17717251060.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

enelitian ini bertujuan (1) Mengetahui kebutuhan dalam pengembangan model kooperatif untuk menstimulasi karakter toleransi anak; (2) menghasilkan produk berupa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis cerita bergambar yang layak untuk meni ngkatkan karakter toleransi anak usia 5 - 6 tahun, dan (3) mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis cerita bergambar untuk menstimulasi karakter toleransi anak usia 5 - 6 tahun. Penelitian ini merupakan research and devel opment (R & D) yang mengikuti prosedur pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian adalah anak usia 5 - 6 tahun dan guru di TK Purbasari, TK Ngesti Rini, TK N 3 Sleman, dan TK N 2 Sleman. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data analisis kebutuhan dikumpulkan dengan angket, wawancara, dan observasi. Data kelayakan model pembelajaran dikumpulkan dengan angket. Data keefektifan model pembelajaran dikumpulkan dengan angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan den gan menggunakan uji paired sample t test dan uji independent sample t test . Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk stimulasi karakter toleransi anak dibutuhkan model yang menarik seperti model kooperatif tipe make a match berbasis cerita be rgambar yang dilengkapi dengan indikator pencapaian dan cerita bergambar yang memuat pesan moral; (2) model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis cerita bergambar layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dan praktisi; (3) model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis cerita bergambar efektif untuk meningkatkan karakter toleransi anak usia 5 - 6 tahun. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji paired sample t test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 (< 0,05), artinya model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis cerita bergambar efektif untuk meningkatkan karakter toleransi. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, make a match, toleransi, anak

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, make a match, toleransi, anak
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Apr 2021 04:12
Last Modified: 14 Apr 2021 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70436

Actions (login required)

View Item View Item