Pengaruh Servant Leadership Kepala Sekolah, Disiplin Guru, Motivasi Kerja Guru, dan Komitmen Guru terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Temanggung.

Pratomo, Bagas Dwi and Arifin, Zainal (2020) Pengaruh Servant Leadership Kepala Sekolah, Disiplin Guru, Motivasi Kerja Guru, dan Komitmen Guru terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Temanggung. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-bagas dwi pratomo-18703251023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servant leadership kepala sekolah serta disiplin guru, motivasi kerja guru, dan komitmen guru terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru dari enam SMK Negeri di Kabupaten Temanggung yang berjumlah 277 orang. Sampel diambil dengan teknik probability sampling dan menghasillkan 164 orang guru dari enam SMK Negeri tersebut. Terkait pengumpulan data, angket berisikan validitas item dengan pertimbangan ahli dan uji empirik digunakan untuk menunjang penelitian. Hasil penelitian kemudian diolah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program smartPLS v.2.0. Hasil pengujian menunjukkan (1) servant leadership tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja, (2) servant leadership berpengaruh positif signifikan terhadap disiplin sebesar 25%, terhadap motivasi kerja sebesar 18% , dan terhadap komitmen sebesar 20%, (3) disiplin, motivasi kerja, dan komitmen berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja sebesar 71%, (4) servant leadership berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja dengan dimediasi disiplin, motivasi kerja, dan komitmen. Peningkatan kinerja secara signifikan tidak dipengaruhi oleh servant leadership. Meskipun begitu, servant leadership berpengaruh positif signifikan dengan melalui mediasi disiplin, motivasi kerja, dan komitmen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: disiplin guru, kinerja guru, komitmen guru, motivasi kerja guru, servant leadership kepala sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:49
Last Modified: 28 May 2021 05:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70434

Actions (login required)

View Item View Item