Pengaruh Budaya Sekolah, Kompensasi, dan Pengembangan Kompetensi terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.

Rifati, Rifati and Sugiyono, Sugiyono (2020) Pengaruh Budaya Sekolah, Kompensasi, dan Pengembangan Kompetensi terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-rifati-17703251069.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah, kompensasi, pengembangan kompetensi terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah guru MTs di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus yang berjumlah 201 guru. Sampel sebanyak 132 guru ditentukan menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan validasi item dengan pertimbangan ahli dan uji empirik. Uji validitas dan uji reliabilitas instrumen menggunakan uji statistik product moment yang dilakukan dengan SPSS.15. Teknik analisis data dengan regresi linear sederhana dan ganda. Uji asumsi data terdiri dari uji normalitas, multikolinieritas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) Budaya sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru MTs sebesar 40,7% dengan regresi sebesar 0,638, (2) Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru MTs sebesar 72,8% dengan regresi sebesar 0,853, (3) Pengembangan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru MTs sebesar 48,8% dengan regresi sebesar 0,698, (4) Budaya sekolah dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru MTs sebesar 73,3% dengan regresi sebesar 0,856, (5) Budaya sekolah dan pengembangan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru MTs sebesar 53,1% dengan regresi sebesar 0,729, (6) Kompensasi dan pengembangan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru MTs sebesar 73,1% dengan regresi sebesar 0,855, dan (7) Budaya sekolah, kompensasi, dan pengembangan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru MTs sebesar 73,4% dengan regresi sebesar 0,857.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Budaya Sekolah, Kompensasi, Pengembangan Kompetensi, Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Apr 2021 07:49
Last Modified: 28 May 2021 05:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70422

Actions (login required)

View Item View Item