Nilai, Sikap dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sekolah Dasar Negeri Model Dan Percobaan 2 Sleman

Akbar Al Ayubi, Ali and Wibowo, Udik Budi (2020) Nilai, Sikap dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sekolah Dasar Negeri Model Dan Percobaan 2 Sleman. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ali akbar al ayubi-17703251063.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai, sikap terhadap pekerjaan dan sikap terhadap gaji yang diterima serta kepuasan kerja guru tidak tetap di Sekolah Dasar Model dan Sekolah Dasar Negeri Percobaan 2 Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Percobaan 2 dan SD Model Kabupaten Sleman. Subjek penelitian terdiri dari guru tidak tetap dengan masa kerja di bawah 5 tahun, 5 sampai 10 tahun dan di atas 10 tahun. Penentuan subjek tersebut dengan menggunakan teknik maximum variation sampling. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi,dan studi dokumen. Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan 6 (enam) langkah model Cresswell, yang meliputi mengoleksi data , menyiapkan analisis data, menelaah data, mengkode data, serta membuat tema dan deskripsi data. Data yang diperoleh supaya valid maka untuk keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi dan member checking. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai stimulasi lebih mendominasi nilai-nilai yang memotivasi serta tidak ada pertentangan nilai pada guru tidak tetap. (2) sikap guru tidak tetap terkait persepsi terhadap pekerjaan sebagai guru tidak tetap terbagi dua, persepsi terhadap materi dan non-materi. Tantangan dan dukungan yang seimbang juga dirasakan guru tidak tetap dalam menjalani pekerjaan, tantangan berupa akademik, siswa dan orang tua, dukungan berupa pelatihan dan kepercayaan diberikan sekolah sebagai proses untuk perkembangan guru tidak tetap dalam menghadapi tantangan. Komitmen dalam diri guru tidak tetap lebih kepada komitmen afektif dan normatif. (3) Guru tidak tetap juga mengubah sikap mereka dengan memilih bersikap sabar, tidak mudah down, dan tetap bekerja secara profesional. (4) Serta untuk kepuasan kerja pada guru tidak tetap lebih kepada faktor yang bersifat motivational. Studi ini berdampak pada kepala sekolah dalam mengelola guru tidak tetap dan mengenali nilai-nilai yang ada pada individu guru dalam bekerja, serta mengenali tantangan yang dihadapi dan dukungan yang diperlukan. Serta peran sekolah dalam membangun komitmen kerja dan kepuasan kerja pada guru tidak tetap.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perilaku organisasi, nilai, sikap, kepuasan kerja guru.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Apr 2021 07:46
Last Modified: 28 May 2021 04:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70421

Actions (login required)

View Item View Item