Manajemen Kurikulum di Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta dan SD Kanisius Eksperimental Mangunan.

Irmayanti, Shabrina and Wijayanti, Wiwik (2020) Manajemen Kurikulum di Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta dan SD Kanisius Eksperimental Mangunan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-shabrina irmayanti-17703251015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum yang terdiri dari aspek: (1) perencanaan kurikulum, (2) pelaksanaan kurikulum, dan (3) evaluasi kurikulum di Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta dan SD Kanisius Eksperimental Mangunan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta dan SD Kanisius Eksperimental Mangunan. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, staf laboratorium, ketua PKBM, pendiri PKBM, fasilitator atau guru, koordinator kurikulum, dan orang tua. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, member-check, dan audit eskternal. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif menurut Miles, Huberman, & Saldana Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan kurikulum di Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta dan SD Kanisius Eksperimental Mangunan dilakukan setiap awal semester. Pihak yang terlibat pada perencanaan kurikulum masing-masing yaitu penyelenggara PKBM, inisiator SALAM, koordinator kurikulum, dan fasilitator. Pihak perencana kurikulum di SDKE Mangunan adalah tim laboratorium, tim kurikulum, direksi, dan guru. Perencanaan kurikulum dilakukan melalui kegiatan lokakarya dan workshop. Perencanaan meliputi komponen materi, strategi/metode, media, dan evaluasi. Perencanaan kurikulum di SALAM sesuai empat perspektif yaitu pangan, lingkungan, sosial budaya, dan kesehatan. Perencanaan kurikulum di SDKE Mangunan sesuai dengan tujuh modal dasar anak yaitu karakter, bahasa, orientasi diri, logika kuantitatif, piranti, kerjasama, dan olahraga. (2) Pelaksanaan kurikulum di kedua sekolah melibatkan seluruh warga sekolah dan masyarakat sekitar. Pelaksanaan kurikulum diwujudkan pada pembelajaran riset di SALAM dan mata pelajaran umum serta mata pelajaran khas di SDKE Mangunan. Pelaksanaan kurikulum meliputi kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Hambatan yang muncul pada pelaksanaan kurikulum di kedua sekolah berasal dari pihak internal di sekolah. (3) Evaluasi kurikulum di kedua sekolah diketahui berdasarkan kegiatan rapat rutin dan rapat evaluasi akhir semester. Evaluasi pembelajaran tidak difokuskan pada pencapaian akademik namun pada karakter anak. (4) Temuan model manajemen kurikulum kurikulum efektif berbasis pengalaman anak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen kurikulum, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Apr 2021 07:24
Last Modified: 28 May 2021 04:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70420

Actions (login required)

View Item View Item