Evaluasi Program Rutin Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA Kota Palu

Nugroho, Yustin Gayuh and Sugito, Sugito (2020) Evaluasi Program Rutin Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA Kota Palu. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-yustin gayuh nugroho-17703251068.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) konteks program, (2) masukan program, (3) proses pelaksanaan, dan (4) hasil pelaksanaan dari Program Rutin Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA Kota Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari tiga pengurus dan lima anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA Kota Palu. Keabsahan data menggunakan dari Sugiyono (2016) yaitu meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analiasis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman (1984) yaitu reduksi data, penyajian data, menarik dan memverifikasi kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa komponen konteks terdapat satu aspek yang kurang baik yaitu indikator ketercapaian yang tidak tersedia dalam komponen konteks menyebabkan hasil program tidak diketahui. Komponen masukan memiliki empat aspek yang kurang baik yaitu: (1) ketersediaan sarana prasarana yang menggunakan fasilitas sekolah sehingga jadwal pelaksanaan disesuaikan dengan penggunaan fasilitas untuk kegiatan sekolah, (2) ketersediaan dana yang berasal dari dana mandiri hanya dapat digunakan untuk konsumsi saat pelaksanaan program, (3) pedoman pelaksanaan program yang tidak tersedia, sehingga pelaksanaan program dapat berjalan tidak terarah dan (4) penjadwalan yang selalu berubah disebabkan kesibukan anggota. Komponen proses terdapat satu aspek yang kurang baik yaitu ketepatan waktu pelaksanaan yang masih kurang baik dalam komponen proses. Kemudian, terdapat tiga aspek dalam komponen produk yaitu: (1) dampak program yang tidak merata akibat kurangnya partisipasi peserta, (2) ilmu yang didapatkan melalui program tersebut tidak diimplementasikan oleh guru disebabkan kondisi kelas yang tidak kondusif atau sarana prasarana sekolah yang tidak memadai, dan (3) motivasi anggota dalam mengikuti program pengembangan profesi yang lain masih kurang yang disebabkan kegiatan guru yang padat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Evaluasi Program, MGMP, Matematika
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Apr 2021 07:18
Last Modified: 28 May 2021 05:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70418

Actions (login required)

View Item View Item