Manajemen konflik di lab school fakultas ilmu pendidikan universitas negeri Yogyakarta.

Mahroja, Auliawatin and Jabar, Cepi S Abdul (2020) Manajemen konflik di lab school fakultas ilmu pendidikan universitas negeri Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-auliawatin mahroja-17703251013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis jenis konflik yang terjadi, (2) dampak yang ditimbulkan oleh konflik tersebut, (3) upaya dan strategi yang digunakan dalam pengelolaan konflik, (4) dan faktor pendukung serta penghambat dalam manajemen konflik yang ada di Lab school FIP UNY (KB/TK & SD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, guru pendamping kelas dan juga pihak dari FIP. Keabsahan data menggunakan teori dari Sugiyono (2015) yaitu meliputi validitas internal, validitas eksternal, realibilitas dan obyektivitas. Analisis data menggunakan teori Dey (2003) yang dikombinasikan dengan teori Miles, Huberman, & Saldana (2014). Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) konflik yang terjadi adalah konflik tugas, konflik proses, dan juga konflik hubungan dengan wali murid, konflik hubungan dengan sesama guru dan juga konflik antara sekolah dengan FIP, (2) dampak yang ditimbulkan oleh konflik dari konflik yang terjadi di KB/ TK adalah terjadi gangguan dalam proses pembelajaran dalam hal ini pada proses penilaian, stress kerja, terjadinya gap dikalangan guru, terjadi dua kubu dikalangan wali murid yaitu pro kepala sekolah lama dan pro kepala sekolah baru, konflik kepentingan dengan FIP, dan juga kurangnya waktu bersama keluarga. Dampak konflik yang terjadi di SD adalah kurangnya waktu bersama keluarga, terjadi kecemburuan sosial dikalangan guru, guru merasa kurang aman dan nyaman dalam bertugas. (3) Strategi manajemen konflik yang digunakan disesuaikan dengan jenis konflik yang terjadi diantaranya yaitu kolaborasi, dan kompromi, (4) Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah KB/TK adalah dengan mengembalikan fitrah sekolah ke FIP, merekatkan kembali hubungan dengan sesama guru dan juga berusaha mengembalikan kepercayaan wali murid. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah SD adalah dengan bekerja sama dengan psikolog-psikolog yang ada di FIP untuk mengadakan seminar parenting untuk wali murid, melakukan pertemuan dengan wali murid di luar jam sekolah dan juga memaksimalkan komunikasi dengan pihak dinas terkait konflik tugas, (5) faktor pendukung dalam manajemen konflik rekan kerja yang bersifat terbuka, komite sekolah dan FIP yang sangat membantu. Faktor penghambatnya adalah kurangnya pengalaman kepala sekolah dalam me-manage sekolah, manajemen waktu yang kurang baik dan juga kurang tegasnya kepala sekolah dalam mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Konflik, Manajemen konflik
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Apr 2021 06:28
Last Modified: 28 May 2021 05:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70417

Actions (login required)

View Item View Item